Kekerasan dalam tayangan anak di televisi (Analisis framing thd film kartun tom and jerry di TPI episode tennis chumps pada tanggal 4 April 2008)

Iriana, Rully Suryaman (2008) Kekerasan dalam tayangan anak di televisi (Analisis framing thd film kartun tom and jerry di TPI episode tennis chumps pada tanggal 4 April 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Broadcasting RULLY SURYAMAN IRIANA ( 0410311-013 ) KEKERASAN DALAM TAYANGAN ANAK DI TELEVISI ( Analisis Framing Terhadap Film Kartun Tom and Jerry Episode ”Tennis Chumps” di TPI tanggal 4 April 2008 ) xvi + 89 hal Film berperan sebagai sarana yang digunakan untuk menyebarkan hiburan yang menyajikan cerita, pendidikan, peristiwa, komedi, musik, drama dan sajian-sajian lainnya kepada masyarakat Sebagai media hiburan, film memiliki fungsi sosial sekaligus membawa informasi dan sanggup mempengaruhi selera, sikap-sikap, nilai, pengertian dan kesadaran manusia mengenai diri dan lingkungan kehidupan. Sesuai dengan latar belakang di atas, maka yang menjadi masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pembingkaian tayangan kekerasan dalam film kartun Tom and Jerry di TPI episode “Tennis Chumps” pada tanggal 4 April 2008 pukul 16.00 Wib? Menurut teori kultivasi, melalui televisi, anak-anak belajar tentang dunia, orang-orangnya, nilai-nilainya serta adat kebiasannya. Dan televisi, mampu menanamkan sikap dan nilai tertentu, yang berpengaruh pada perkembangan mental, fisik dan psikis dari anak-anak itu. Sifat penelitian ini adalah eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu, penelitian yang menjelajah, dan mengobservasi secara umum objek penelitiannya. Ini dilakukan untuk memperoleh transparansi tentang apa sebenarnya yang harus dilakukan terhadap objek yang dijadikan sasaran penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis framing dalam formulasi yang dibuat oleh Gamson dan Modigliani. Hasil penelitian ini adalah dengan banyaknya suguhan tayangan anak-anak di televisi, secara sadar atau tidak, tayangan film kartun yang sarat dengan adegan kekerasan dapat membentuk karakter psikologis yang buruk pada anak-anak itu sendiri. Bagaimana tayangan film kartun Tom and Jerry telah melakukan itu, dengan melihat bingkai kekerasan yang terbentuk dari hasil penelitian ini, yakni : Kekerasan dalam tayangan anak di televisi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 141
Call Number: SK/09/064
NIM/NIDN Creators: 0410311-013
Uncontrolled Keywords: Kekerasan, tayangan anak, televisi, Analisis framing, film kartun tom and jerry, TPI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 06:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28384

Actions (login required)

View Item View Item