Studi peluang penghematan energi listrik pada beberapa peralatan industri tekstil PT. HINTEX MITRA JAYA Bandung -Jawa Barat

Yasef, Difa (2008) Studi peluang penghematan energi listrik pada beberapa peralatan industri tekstil PT. HINTEX MITRA JAYA Bandung -Jawa Barat. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
01401-023 Difa Yasef.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Tenaga listrik merupakan bentuk energi sekunder yang memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi, sosial dan budaya suatu bangsa terutama dihitung perkapita menunjukan tingkat kemajuan dari negara tersebut dalam bidang industri maupun ekonomi. Krisis energi listrik akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perekonomian dan industri nasional. Hal ini dapat dilihat dengan semakin buruknya kinerja industri dikarenakan biaya produksi domestik yang meningkat dengan kenaikan harga BBM dan energi listrik. Penggunaan energi listrik pada semua sektor sangat meningkat dan penggunaan cenderung boros. Karena itu studi tentang penghematan energi listrik khususnya di industri untuk didorong. Pada tugas akhir ini dilakukan studi penghematan energi listrik pada industri tekstil PT. Hintex Mitra Jaya yang berlokasi di Bandung. Dari studi yang dilakukan diperoleh penghematan energi listrik sebesar Rp. 1.228.286.647,-/tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 08 091
Call Number: STI/09/057
NIM/NIDN Creators: 01401-023
Uncontrolled Keywords: penghematan energi listrik, peralatan industri tekstil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 09 Jul 2022 03:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28377

Actions (login required)

View Item View Item