Studi dan implementasi tools migrasi data antara MS-SQL Server 2000 dan Oracle 9i menggunakan VB.Net dengan pendekatan OOAD (Object Oriented Analysis and Design)

Sinuraya, Suranta Petrus (2008) Studi dan implementasi tools migrasi data antara MS-SQL Server 2000 dan Oracle 9i menggunakan VB.Net dengan pendekatan OOAD (Object Oriented Analysis and Design). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41506120102 Suranta Petrus Sinuraya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Studi dan Implementasi Tools Migrasi Data Antara MS-SQL Server 2000 dan Oracle9i Menggunakan VB.Net Dengan Pendekatan OOAD (Object Oriented Analysis and Design) Secara umum migrasi dapat diartikan sebagai perpindahaan sesuatu dari suatu tempat tertentu ke tempat yang lain. Dalam konteks skripsi ini, yang dimaksud dengan migrasi adalah perpindahan desain tabel, data, primary key dan foreign key antara MS-SQL Server 2000 dan Oracle9i. Desain tabel meliputi nama field, tipe data yang digunakan dan panjang tipe data yang digunakan. Ada beberapa hal yang menyebabkan adanya kebutuhan untuk melakukan migrasi data. Salah satunya adalah untuk mengintegrasikan datadata yang terdapat pada berbagai RDBMS menjadi satu RDBMS. Selain itu, migrasi juga dilakukan karena adanya kebutuhan akan kapasitas penampungan data yang lebih besar untuk menunjang suatu business process tertentu. RDBMS yang cukup banyak dipakai sampai dengan saat ini adalah MS-SQL Server 2000 dan Oracle9i. Pada dasarnya, MS-SQL Server 2000 dan Oracle9i menyediakan suatu fasilitas untuk melakukan migrasi data. Namun, fasilitas yang disediakan tersebut masih mempunyai beberapa keterbatasan. Salah satu keterbatasan fasilitas tersebut adalah primary key dan foreign key terhadap data yang saling berkaitan dapat menjadi hilang pada saat melakukan migrasi data. Hal ini terjadi pada pilihan migrasi tertentu yang disediakan oleh kedua RDBMS tersebut. Sementara itu, primary key dan foreign key merupakan aspek yang sangat penting dalam suatu RDBMS. Selain keterbatasan dalam mempertahankan primary key dan foreign key, fasilitas yang disediakan RDBMS tersebut juga mempunyai keterbatasan dalam melakukan migrasi, yaitu membutuhkan driver RDBMS tujuan migrasi untuk dapat melakukan migrasi. Fasilitas migrasi yang terdapat pada kedua RDBMS tersebut dapat berjalan jika driver RDBMS tujuan migrasi sudah di-install. Berdasarkan adanya keterbatasan pada fasilitas migrasi tersebut, dilakukan suatu strategi dan pendekatan melalui pelaksanaan skripsi untuk membuat suatu tools yang dapat digunakan untuk melakukan migrasi dengan mempertahankan primary key dan foreign key data yang berkaitan pada data tertentu dan juga tidak membutuhkan instalasi driver RDBMS tujuan migrasi, seperti halnya yang terdapat pada fasilitas migrasi pada kedua RDBMS tersebut. Pendekatan yang dilakukan adalah studi literatur, analisis, desain, implementasi, dan testing. Jadi melalui skripsi ini, diharapkan dapat menghasilkan suatu tools untuk migrasi desain tabel, data, primary key dan foreign key antara MS-SQL Server 2000 dan Oracle9i yang mempunyai nilai lebih jika dibandingkan dengan fasiltas migrasi yang disediakan oleh kedua RDBMS tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 08 108
Call Number: SIK/09/056
NIM/NIDN Creators: 41506120102
Uncontrolled Keywords: Migrasi Data, Ms-SQL Server 2000, Oracle9i, OOAD (Object Oriented Analysis and Design)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 25 Nov 2022 02:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28357

Actions (login required)

View Item View Item