Analisa tenaga kerja untuk memaksimalkan keuntungan pada perencanaan produksi di PT Sport Glove Indonesia

Latuconsina, Abdul Kadir (2008) Analisa tenaga kerja untuk memaksimalkan keuntungan pada perencanaan produksi di PT Sport Glove Indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
files342360379570.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PT. Sport Glove Indonesia (SGI) adalah perusahaan yang memproduksi sarung tangan golf. Perusahaan sarung tangan golf ini mengalami masalah pada tenaga kerja terutama jumlah yang kurang efektif dalam perencanaanya dan perusahaan juga dihadapkan pada batas waktu penyerahan produk pada konsumen. Karena itu perusahaan harus mengatur segala kegiatan produksinya, termasuk penentuan jumlah tenaga kerja yang efisien pada bagian produksi agar dapat memenuhi permintaan konsumen dan produk dapat selesai tepat waktu. Untuk perencanaan tersebut dapat dipakai beberapa metode yang dugunakan untuk dapat menyelesaikan masalah tenaga kerja. Metode tersebut adalah Level Work Force, Level Work Force Plus Overtime, dan Chase strategy. Ketiga metode ini nantinya dipilih berdasarkan penentuan jumlah biaya paling minimum, untuk itu data yang diambil adalah data tentang waktu proses produksi, waktu baku tenaga kerja, permintaan produk, dan biaya-biaya yang terkait. Dari analisa ketiga metode tersebut di atas maka ditujuhkan bahwa Level Work Force Plus Overtime adalah, metode yang menghasilkan jumlah biaya perencanaan produksi keuntungan terbanyak Rp. 298.190.155.452,315 dibandingkan dengan kedua metode yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 08 011
Call Number: STI/09/029
NIM/NIDN Creators: 4160401-031
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Produksi, Tenaga Kerja, Level Work Force, Level Work Force Plus Overtime, Dan Chase Stra
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 21 Oct 2022 07:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28295

Actions (login required)

View Item View Item