Penilaian ibu-ibu PKK kelurahan sudimara jaya ciledug thd tayangan feature wisata kuliner di trans tv (periode maret 2008)

Utami, Tika Sri (2008) Penilaian ibu-ibu PKK kelurahan sudimara jaya ciledug thd tayangan feature wisata kuliner di trans tv (periode maret 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRACT Media penyiaran televisi adalah suatu organisasi yang menyebarkan informasi yang berupa produk budaya atau pesan yang mempengaruhi dan mencerminkan budaya dalam masyarakat. Melalui televisi produk budaya dan pesan akan tersampaikan, yang dirangkum dalam suguhan program acara yang akan disiarkan. Dalam penelitian ini program acara Wisata Kuliner yang mengilhami penulis untuk menjadi bagian dari penelitian, mengingat program acara tersebut menerapkan fungsi komunikasi massa yaitu sebagai sosialisasi dan penyalusr nilai- nilai budaya.Tayangan feature Wisata Kuliner adalah tayangan yang membahas Nilai-nilai budaya seperti seputar masakan nusantara, menceritakan keunikan sebuah kota, mulai dari sejarah, arsitektur, hingga budayanya (adat istiadat). Dalam penelitian ini penulis mengambil objek penelitian Ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Sudimara Jaya Ciledug, karena Ibu-ibu PKK Kelurahan Sudimara Jaya Ciledug tersebut memiliki latar belakang kegiatan yang erat kaitannya dengan content program yang di ulas dalam tayangan Wista Kuliner, khususnya menyangkut masakan dan budaya. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiamana Penilaian Ibu-ibu PKK Kelurahan Sudimara Jaya Ciledug terhadap tayangan feature Wisata Kuliner di TRANS TV peiode Maret 2008. Kemudian tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penilaian Ibu-ibu PKK Kelurahan Sudimara Jaya Ciledug terhadap tayangan feature Wisata Kuliner di TRANS TV peiode Maret 2008. Penilaian adalah kecendrungan bertindak, berpersepsi, berfikir, dan merasa dalam menghadapi objek, dan bersifat evaluatif, mengandung nilai menyenangkan dan tidak menyenangkan. Dalam hal ini khalayak (penonton/receiver) akan menilai sesuatu positif jika merasa tertarik terhadap stimulus yang ada, dan sebaliknya akan menilai sesuatu negatif jika merasa tidak tertarik terhadap stimulus yang ada, serta akan menilai netral jika khalayak(penonton/receiver) merasa biasa saja terhadap stimulus yang ada. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuanititatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dimana peneliti mengumpulkan data dari responden dengan menyebarkan kuesioner kepada 140 responden yang diambil dengan teknik sampling jenuh, kemudian data yang telah diperoleh diolah dengan menggunakan software SPSS, dan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahawa Penilaian Ibu-ibu PKK Kelurahan Sudimara Jaya Ciledug terhadap tayangan feature Wisata Kuliner di TRANS TV peiode Maret 2008, adalah sebanyak 80,71 % responden menilai positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 061
Call Number: SK/09/040
NIM/NIDN Creators: 4410401-110
Uncontrolled Keywords: Penilaian ibu-ibu, tayangan feature, wisata kuliner, trans tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28247

Actions (login required)

View Item View Item