Proses produksi program televisi special event ( Studi kasus program variety show trans bi6 show di trans tv dan trans 7 )

Nisa, Khairun (2008) Proses produksi program televisi special event ( Studi kasus program variety show trans bi6 show di trans tv dan trans 7 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

JURUSAN BROADCASTING Nama : Khairun Nisa Judul : Proses Produksi Program Televisi Special Event ( Studi Kasus Program Variety Show “Trans Bi6 Show” di Trans TV dan Trans 7) Bibliografi : 71 halaman + 4 gambar + 43 Lampiran Stasiun televisi setiap harinya menayangkan berbagai jenis program yang jumlahnya sangat banyak dan jenisnya sangat beragam. Salah satu jenis program televisi yaitu program special event yang diproduksi hanya pada saat – saat tertentu saja seperti program Trans Bi6 Show yang diproduksi oleh Trans TV dan Trans 7 dalam rangka merayakan ulang tahun mereka yang ke 6. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses produksi program Trans Bi6 Show?. Suatu produksi program televisi yang melibatkan banyak peralatan, orang dan dengan sendirinya biaya yang besar, selain memerlukan suatu organisasi yang rapi juga memerlukan suatu tahap pelaksanaan produksi yang jelas dan efisien. Setiap tahap harus jelas kemajuannya dibandingkan dengan tahap sebelumnya. Tahapan produksi terdiri dari tiga bagian di televisi yang lazim disebut standart operation procedur (SOP) yaitu: pra produksi, produksi dan pasca produksi. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan ialah metode studi kasus dengan menggunakan indepth interview sebagai teknik pengumpulan data primer. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan yaitu bahwa proses produksi program Trans Bi6 Show terbagi menjadi tiga tahapan yaini tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Dalam tahap pra produksi hal yang perlu diperhatikan ialah masalah rundown acara. Sedangkan tahap produksi merupakan realisasi dari rundown yang telah dibuat. Pada pasca produksi para kru berkumpul untuk mengevaluasi hasi program yang telah diproduksi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 116
Call Number: SK/09/029
NIM/NIDN Creators: 4410401-020
Uncontrolled Keywords: Proses produksi, program televisi special event, Studi kasus program variety show, trans bi6 show, t
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28236

Actions (login required)

View Item View Item