Kecenderungan daya tarik pesan iklan otomotif (Analisa isi iklan otomotif berdasarkan elemen copywriting dan visualisasi di surat kabar Kompas periode Januari - Juni 2006)

Widianto, (2008) Kecenderungan daya tarik pesan iklan otomotif (Analisa isi iklan otomotif berdasarkan elemen copywriting dan visualisasi di surat kabar Kompas periode Januari - Juni 2006). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI WIDIANTO 04301-086 Kecenderungan Daya Tarik IKlan Otomotif di Media Cetak ( Analisis Isi Daya Tarik Iklan Otomotif berdasarkan Copywriting dan Visual di Surat Kabar Kompas Periode Januari – Juni 2006 ) X Halaman + 68 Halaman; 6 Tabel; + 35 Lampiran Bibliografi:17 buku ( 1983 – 2004 ) Dunia otomotif sekarang ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Setiap hari ribuan bahkan hampir jutaan kendaraan bermotor memenuhi jalan. Bahkan sekarang ini otomotif bukan lagi sekedar sebagai suatu kebutuhan pelengkap saja, melainkan sudah sebagai suatu kebutuhan utama bagi khalayak. Kenaikan harga bahan bakar minyak pada saat ini merupakan salah satu kendala bagi khalayak untuk dapat membeli otomotif. Oleh karena itu produsen otomotif berusaha mengatur strategi dalam menginformasikan produknya. Pemasangan iklan di surat kabar menjadi salah satu pilihan mereka dalam mengkomunikasikan produk. Untuk mencapai khalayak sasaran yang akan dituju, diperlukan daya tarik dalam sebuah iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan daya tarik iklan otomotif di surat kabar Kompas periode Januari – Juni 2006. Dalam penelitian ini, kecenderungan daya tarik iklan otomotif dilihat dari unsur copywriting dan visual serta daya tarik pesan yang digunakan. Unsure copywriting dari segi headline mengacu pada pemikiran W. Ronald line, Thomas Russell, subheadline mengacu pada pemikiran Franks Jefkins, body copy mengacu pada pemikiran Bovee dan Arens, visual mengacu pada pemikiran Jerome Jewler, dan untuk daya tarik pesan iklan mengacu pada pemikiran Monle Lee dan Carla Johnson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa isi dengan tipe deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh iklan otomotif di surat kabar Kompas periode Januari-Juni 2006, sedangkan teknik pemgambilan sample adalah total sampling berdasarkan versi iklan otomotif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa iklan otomotif periode Januari-Juni 2006, dilihat dari unsure copywriting yaitu headline cenderung menggunakan claim, subheadline cenderung tidak digunakan, dan body copy cenderung menggunakan picture and caption copy. Sedangkan dilihat dari unsure visual, teknik penggunaan ilustrasi cenderung menggunakan daya tarik show the product, serta daya tarik pesan yang digunakan cenderung menggunakan daya tarik rasional. Secara keseluruhan iklan-iklan otomotif cenderung menawarkan keuntungan yang dapat diperoleh konsumen apabila menggunakan produk.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 086
Call Number: SK/09/212
NIM/NIDN Creators: 04301-086
Uncontrolled Keywords: daya tarik pesan, iklan otomotif, Analisa isi iklan, copywriting dan visualisasi, surat kabar Kompas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Dec 2008 10:24
Last Modified: 05 Jun 2017 07:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item View Item