Efek kognitif dan afektif rubrik selebriti pada koran seputar Indonesia thd pelanggan di wilayah Rw 01 Kemanggisan Palmerah Jakarta Barat

Rivai, Mohammad (2008) Efek kognitif dan afektif rubrik selebriti pada koran seputar Indonesia thd pelanggan di wilayah Rw 01 Kemanggisan Palmerah Jakarta Barat. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI MOHAMMAD RIVAI (04102 – 027) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF RUBRIK SELEBRITI PADA KORAN SINDO TERHADAP PELANGGAN DI WILAYAH RW 01 KEMANGGISAN PALMERAH JAKARTA BARAT xiii + 78 halaman; 16 lampiran; Bibliografi : 14 buku (1986 – 2005) Perkembangan dunia surat kabar di Indonesia saat ini yang semakin pesat membuat para pengusaha dibidangnya saling berlomba untuk merebut perhatian dari pembaca mereka. Untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan pembaca, maka setiap surat kabar selalu berusaha untuk memberikan berita terbaik mereka. PT. Media Nusantara Cipta (MNC) melahirkan surat kabar baru yaitu koran Sindo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar efek kognitif dan afektif rubrik selebriti pada koran SINDO terhadap pelanggan di wilayah RW01 Kemanggisan Palmerah Jakarta Barat Sebagai landasan teori, penelitian ini menggunakan teori komunikasi massa yaitu model S-O-R dan AIDDA. Teori ini memberikan gambaran bahwa dampak atau hasil komunikasi yang terjadi pada seseorang setelah ia menerima sesuatu pesan akan menyangkut empat hal, yaitu : perhatian (attention), minat (interest), keinginan (desire), keputusan (decision), tindakan (action). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa survey yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada pelanggan koran Sindo yang tinggal di wilayah RW 01 Kemanggisan Palmerah Jakarta Barat dengan jumlah responden sebanyak 63 orang. Dengan teknik samplingnya menggunakan sampling purposif. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar efek kognitif dan afektif rubrik selebriti pada koran SINDO terhadap pelanggan di wilayah RW01 Kemanggisan Palmerah Jakarta Barat. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa efek kognitif rubrik selebriti memiliki tingkat pengetahuan tinggi dengan mengindikasikan 85,2%, yang artinya responden memiliki keingintahuan yang tinggi mengenai rubrik selebriti pada koran Sindo dan efek afektif memiliki tingkat sikap tinggi dengan mengindikasikan 81,0%, artinya responden menunjukkan penilaian baik terhadap rubrik selebriti pada koran Sindo. Hal tersebut mengindikasikan bahwa rubrik selebriti pada koran Sindo memberikan efek kognitif dan afektif yang tinggi bagi masyarakat umumnya dan pelanggan khususnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 042
Call Number: SK/09/203
NIM/NIDN Creators: 04102-027
Uncontrolled Keywords: Efek kognitif, afektif, rubrik selebriti, koran seputar Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2008 15:12
Last Modified: 05 Jun 2017 04:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28116

Actions (login required)

View Item View Item