Dampak tayangan the oprah winfrey show episode beauty qween raped by her husband di Metro tv thd para wanita menikah di kelurahan sungai bambu, tanjung priuk, Jak-Ut

Destiandri, Helma (2008) Dampak tayangan the oprah winfrey show episode beauty qween raped by her husband di Metro tv thd para wanita menikah di kelurahan sungai bambu, tanjung priuk, Jak-Ut. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Broadcasting HELMA DESTIANDARI (4410411-061) Dampak Tayangan The Oprah Winfrey Show Episode Beauty Queen Raped By Her Husband di Metro TV Terhadap Para Wanita Menikah di Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta-Utara Vii + 77 hal + 7 lampiran Televisi sebagai jembatan antara audiens/penonton dan informasi/hiburan mempunyai banyak program acara yang menarik dan menghibur. Penelitian kali ini bertujuan untuk meneliti dampak tayangan kekerasan seksual dalam rumah tangga terhadap persepsi dan perilaku para wanita yang telah menikah, mengingat teknologi komunikasi khususnya bidang pertelevisian membuat semua stasiun televisi berusaha menyajikan program-program beraneka ragam, yang termasuk didalamnya tayangan kekerasan. Disadari ataupun tidak, penonton banyak belajar menyaksikan adegan kekerasan melalui media televisi yang juga menciptakan dampak ataupun persepsi yang berbeda-beda setelahnya. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 orang wanita yang telah menikah yang bertempat tinggal di Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Jenis observasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipan, dimana peneliti terlibat secara langsung dalam kegiatan sampel di dalam kehidupannya. Dari hasil analisis data yang dilakukan penulis, terlihat bahwa persepsi dan perilaku responden tidak banyak terpengaruh oleh tayangan The Oprah Winfrey Show episode Beauty Queen Raped by Her Husband dikarenakan budaya yang berbeda. Masih perlu adanya sebuah pembelajaran bahwa terlepas dari ajaran agama dan budaya, kekerasan tetaplah kekerasan. Hak Asasi Manusia tidak memandang perbedaan pria dan wanita.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 092
Call Number: SK/09/192
NIM/NIDN Creators: 4410411-061
Uncontrolled Keywords: Dampak tayangan, the oprah winfrey show, episode beauty qween raped her husband, Metro tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2008 15:01
Last Modified: 04 Jun 2017 04:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28106

Actions (login required)

View Item View Item