Analisa perawatan total productive maintenance (TPM) Departement Pressing di PT Indomobil Suzuki International (Pada mesin Amino 200T)

Triesnata, Angga (2008) Analisa perawatan total productive maintenance (TPM) Departement Pressing di PT Indomobil Suzuki International (Pada mesin Amino 200T). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
01301-010 Angga Triesnata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Teknologi di bidang manufaktur belakangan ini semakin meningkat seiring dengan tuntutan konsumen yang terus menginginkan agar pabrik dapat memenuhi و kebutuhan pabrik secara cepat. Semua dapat tercapai apabila seluruh komponen dalam pabrik manusia, mesin, sistem produksi dapat bekerja maksimal. Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data serta analisis didapatkan Overall Equipment effectiveness untuk mesin 200 ton pada bulan juni sebesar 58, 12 % dan pada bulan juli sebesar 65, 51 %. Bahwa dari data tersebut kemampuan produksi mesin tidak maksimal, untuk meningkatkan persentase overall equipment effectiveness dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : · Meminimalkan frekuensi break down 1. Mengecek semua peralatan sebelum mesin digunakan serta menerapkan Preventive Maintenance atau perawatan pencegahan berkala pada mesin. 2. Memberikan tanggung jawab kepada operator dan membersihkan lingkungan sekitar. 3. melakukan pelatihan bagi tenaga kerja maintenance maupun operator untuk meningkatkan keahliannya Dengan itu perusahaan harus menerapkan perawatan mesin berkala ( Preventive Maintenance ) dan perawatan secara pencegahan ( Prevention Maintenance ), selain itu perusahaan juga harus memberikan pelatihan secara berkala kepada operator produksi maintenance guna untuk meningkatkan kemampuan para pekerja.Peningkatan kemampuan merupakan faktor yang paling penting dalam penerapan Total Productive Maintenanace.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 08 069
Call Number: STI/09/168
NIM/NIDN Creators: 01301-010
Uncontrolled Keywords: productive maintenance, Departement Pressing, PT Indomobil Suzuki International
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2008 13:11
Last Modified: 13 Jul 2022 06:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28086

Actions (login required)

View Item View Item