PERENCANAAN STRATEGI PT ELNUSA Tbk. TAHUN 2010 – 2012

Djatnika, Erwin (2009) PERENCANAAN STRATEGI PT ELNUSA Tbk. TAHUN 2010 – 2012. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (Bab 1,3,4,5,6)
bab 1.3.4.5.6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (Bab 2)
14 - Bab 2.rtf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi usaha bagi PT Elnusa Tbk. untuk periode 2010-2012. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui metode wawancara kepada Manajemen PT Elnusa. Alat analisis (strategic tools) yang digunakan meliputi matriks EFE, IFE, SWOT dan QSPM. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Faktor –faktor eksternal yang berpengaruh bagi strategi usaha PT Elnusa Tbk. adalah (1) Komitmen pemerintah terhadap industri perminykan melalui UU Migas No. 22 tahun 2001; (2) tingginya kebutuhan energi minyak di Indonesia; (3) Perkembangan teknologi eksplorasi minyak; (4) Krisis keuangan global dan turunnya harga minyak; (5) Sumber daya alam minyak semakin berkurang dan; dan (6) Isu lingkungan merupakan isu politis global Faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap strategi usaha PT Elnusa Tbk. adalah (1) Kondisi keuangan yang stabil; (2) Memiliki pelanggan potensial yang bernilai strategis; (3) Memiliki sejumlah SDM yang sesuai dengan kapabilitasnya; (4) Komitmen terhadap manajemen mutu dengan menerapkan berbagai konsep manajemen mutu; (5) Belum memaksimalkan potensi pelanggan; dan (6) Belum menjalankan MSDM berbasikan Kompetensi. Atas dasar faktor-faktor eksternal dan internal di atas, maka strategi yang dijalankan oleh PT Elnusa Tbk. pada 2010-2012 adalah strategi perbaikan internal yaitu dengan menjalankan strategi customer relationship management (CRM) dan manajemen SDM yang berbasiskan kompetensi. Strategi CRM dilakukan untuk memaksimalkan potensi perusahaan dimana saat ini perusahaan memiliki pelanggan perusahaan minyak skala besar, sedangkan strategi MSDM berbasiskan kompetensi dilakukan guna pengelolaan kompetensi yang dimiliki SDM bagi kepentingan peningkatan daya saing bisnis.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-006
Call Number: TM/10/112
NIM/NIDN Creators: 55106110123
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, mpo, manajemen operasional
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 May 2010 12:02
Last Modified: 13 Jul 2022 03:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26856

Actions (login required)

View Item View Item