Analisis tingkat kesehatan perusahaan utk memprediksi potensi kebangkrutan dgn pendekatan Altman Z-Score (Studi kasus PT Alfa Retailindo Tbk)

Mariam, Laila Siti (2009) Analisis tingkat kesehatan perusahaan utk memprediksi potensi kebangkrutan dgn pendekatan Altman Z-Score (Studi kasus PT Alfa Retailindo Tbk). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Maksud dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis prediksi potensi kebangkrutan perusahaan dengan menggunakan analisis diskriminan Z-Score model Altman pada PT. Alfa Retailindo Tbk. Penelitian ini menggunakan 1 perusahaan retail yaitu PT.Alfa Retailindo Tbk pada tahun 2005, 2006, dan 2007. Data yang digunakan sebagai objek untuk penelitian ini adalah neraca, laporan laba rugi tahun 2005, 2006, 2007. Data dari penelitian ini yang digunakan adalah data sekunder dengan metode penelitian statistik deskriptif. Metode analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode analisis diskriminan Z-Score. Hasil penelitian menegaskan bahwa PT.Alfa Retailindo Tbk tidak mengalami masalah dalam keuangan bahkan dinyatakan sehat dimana perusahaan ini memiliki nilai Z di atas 2,99. Untuk penelitian berikutnya, lakukan penelitian ini dengan lebih baik yaitu jangan hanya menilai kebangkrutan dengan rasio keuangan model Altman, tetapi juga harus memperhatikan faktor-faktor lain seperti kondisi ekonomi, politik, dan lain-lain. Dan objek dari penelitian ini juga dapat menggunakan sektor industri yang berbeda, tidak hanya sektor retail atau perdagangan. Kata kunci : Prediksi, Kebangkrutan, Z-Score

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 010
Call Number: SE/09/790
NIM/NIDN Creators: 43205010080
Uncontrolled Keywords: kesehatan perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 20 Oct 2009 10:45
Last Modified: 31 May 2017 02:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26603

Actions (login required)

View Item View Item