Integrasi kontrol sistim lampu penerangan dengan menggunakan mikrokontrol AT89C51 sebagai alternatif modifikasi di PT. NIPPON shokubai indonesia

Rochaedy, Rudy (2009) Integrasi kontrol sistim lampu penerangan dengan menggunakan mikrokontrol AT89C51 sebagai alternatif modifikasi di PT. NIPPON shokubai indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
0140311-087 Rudy Rochaedy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAKSI Sistem penerangan lampu di PT.Nippon Shokubai Indonesia merupakan salah satu sistem pendukung aktifitas produksi yang memberikan penerangan pada lokasi-lokasi disetiap unit produksinya. Namun demikian, pada kenyataanya masih terdapat kelemahan yang perlu untuk diperbaiki. Kelemahan ini misalnya kontrol sensor cahaya bersifat individu, total kejut pembebanan start dan stop cukup tinggi, kontrol yang bersifat tersebar dan masih ditemukannya kerusakan pada bagian kontrol akibat sistem yang kurang halus. Dengan mempelajari hal tersebut, maka target perancangan dan modifikasi adalah suatu sistem kontrol yang akan ditujukan untuk mengatasi masalah-masalah sebagaimana yang disebutkan diatas. Dalam perancangan ini, sistim kontrol hanya memakai satu kontrol cahaya yang akan dipakai untuk mengontrol dan mengendalikan seluruh panel distribusi lampu penerangan yang tersebar disetiap unit produksi. Instruksi keluaran dari kontrol cahaya berupa sinyal kontak dan akan mengalami fungsi pelambatan (on delay) yang berfungsi untuk meredam kondisi transisi atau sinyal tak konsisten dari sensor sebelum dimasukan ke bagian kontrol utama lampu penerangan ini. Perancangan kontrol utama akan terdiri dari model Auto dan Manual, pada kondisi Auto seluruh panel distribusi lampu penerangan akan dikontrol melalui sebuah kontrol cahaya (LDR) untuk mengaktifkan ataupun mematikan panel-panel distribusi. Jika hari menjelang gelap, maka kontrol sensor cahaya (LDR) akan menginstruksikan kontrol utama untuk mengaktifkan panel distribusi lampu penerangan satu-persatu, begitu pula jika hari menjelang terang maka setiap panel akan dimatikan satu-persatu. Setiap kali pengaktifan ataupun mematikan setiap panel, akan diselingi dengan fungsi jeda waktu, hal ini untuk menghindari kondisi pembebanan serentak sehingga kontrol menjadi halus. Pada kondisi Manual, panel hanya diaktifkan melalui sebuah saklar untuk mengemudikan semua panel distribusi lampu penerangan itu. Kontrol utama alternatif modifikasi ini dengan menggunakan mikrokontroler keluarga MCS-51 (AT 89C51) yang pada umumnya banyak dijumpai dan mudah didapatkan. Dengan perancangan alternatif modifikasi kontrol sistim lampu penerangan ini, maka diharapkan kontrol cahaya lebih sederhana dan kompak karena hanya menggunakan satu sensor cahaya, rusaknya bagian kontrol terutama magnetik kontaktor dapat dihindari karena rangkaian lebih halus, pembebanan masing-masing panel dibuat menjadi tidak serempak untuk menghindari total kejut yang tinggi, perawatan lebih mudah, dan pemantauan status panel menjadi lebih mudah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 09 093
Call Number: STI/09/345
NIM/NIDN Creators: 0140311-087
Additional Information: TTD Soft dan Hardcopy tidak ada
Uncontrolled Keywords: lampu penerangan, MIKROKONTROLLER, KONTROL SISTEM
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Jul 2009 11:05
Last Modified: 16 Jan 2023 06:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26425

Actions (login required)

View Item View Item