Strategi komunikasi pemasaran PT Bisnis Media Nusantara dlm mengkomunikasikan surat kabar bisnis jakarta ke pengiklan-pengiklan

Suryana, Ida Bagus Panca (2009) Strategi komunikasi pemasaran PT Bisnis Media Nusantara dlm mengkomunikasikan surat kabar bisnis jakarta ke pengiklan-pengiklan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Ida Bagus Panca Suryana (04303 – 086) ”Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Bisnis Media Nusantara Dalam Mengkomunikasikan Surat Kabar Bisnis Jakarta” (ix-102 halaman; 1 Bagan; Lampiran) Bibliografi : 21 Acuan (1986-2005) Dalam persaingan yang semakin pesat, yang tidak hanya terjadi pada produk-produk yang secara langsung dikonsumsi oleh konsumen melainkan juga pada produk yang secara tidak langsung dikonsumsi oleh konsumen, maka setiap perusahaan membutuhkan sebuah strategi untuk mengkomunikasikan produkproduknya kepada konsumen. Begitupun halnya dengan PT. Bisnis Media Nusantara, membutuhkan sebuah strategi yang tepat untuk mengkomunikasikan surat kabar Bisnis Jakarta agar mampu diterima oleh para pembaca dan pengiklan di tengah persaingan media cetak yang sangat ketat di era sekarang ini. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan komunikasi pemasaran PT. Bisnis Media Nusantara dalam mengkomunikasikan surat kabar Bisnis Jakarta. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep yang berhubungan dengan promotionmix, yaitu periklanan, penjualan tatap muka, publisitas, promosi penjualan dan pemasaran langsung yang dikembangkan oleh Philip Kotler. Konsep ini memaparkan elemen-elemen yang digunakan untuk mendukung strategi komunikasi pemasaran. Tipe penelitian adalah deskriptif, yaitu menggambarkan suatu gejala, keadaan sebagaimana adanya keadaan yang sebenarnya, dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara dengan narasumber serta data lain yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan PT. Bisnis Media Nusantara menggunakan tiga elemen dari lima elemen yang ada dalam unsur promotionmix, yaitu periklanan, penjualan tatap muka dan publisitas. Sedangkan untuk promosi penjualan dan pemasaran langsung, perusahaan tidak menggunakannya dikarenakan perusahaan mengganggap promosi tersebut tidak sesuai dengan Bisnis Jakarta. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan PT. Bisnis Media Nusantara yaitu dengan menggunakan upaya melalui periklanan, penjualan tatap muka dan publisitas. Akan tetapi strategi komunikasi pemasaran yang paling ditonjolkan oleh PT. Bisnis Media Nusantara yaitu dengan melakukan presentasi secara langsung kepada para pengusaha/owner untuk mengenalkan dan menawarkan pemasangan iklan di Bisnis Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 077
Call Number: SK/09/391
NIM/NIDN Creators: 04303-086
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Jul 2009 09:12
Last Modified: 05 Jun 2017 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26374

Actions (login required)

View Item View Item