Implementasi corporate social responsibility (CSR) pd periode 2007-2008 dlm memperkuat merek korporat PT Pertamina (Persero)

Kamila, Oktria (2009) Implementasi corporate social responsibility (CSR) pd periode 2007-2008 dlm memperkuat merek korporat PT Pertamina (Persero). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Menyadari akan dampak gobalisasi yang semakin ketat, setiap perusahaan akan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, dengan berbagai cara supaya dapat memperkuat merek korporat, yang bisa berdampak pada citra dan posisi merek korporat di mata stakeholders. Sering sekali strategi yang dilakukan oleh perusahaan pada saat ini dengan melaksanakan CSR pada perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan BUMN, PT. Pertamina memiliki inisiatif untuk mengembangkan komitmen tanggung jawab sosial dengan visi mengimplementasikan komitmen perusahaan terhadap CSR untuk memberikan nilai tambah bagi stakeholders dalam upaya mendukung kemajuan perusahaan, meningkatkan nilai dan budaya perusahaan yang terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan dalam rangka memperkuat merek korporatnya serta mewujudkan kepedulian sosial PT. Pertamina dalam kontribusi perusahaan terhadap pengembangan masyarakat yang berkelanjutan, Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui implementasi kegiatan CSR pada periode 2007-2008 dalam memperkuat merek korporat Pertamina dengan melalui program-program CSR nya seperti beberapa aspek ekonomi, sosial, pendidikan, dan lingkungan. Konseptual yang dipakai pada penelitian ini adalah kosep mengenai CSR, yaitu mulai dari Jenis-jenis CSR, Azas CSR, Ruang Lingkup CSR, Model Implementasi CSR, Langkah-langkah dalam implementasi CSR, dan merek korporat. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dan sifat penelitian deskriptif dengan penedekatan kualitatif, dimana teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Penulis menyajikan gambaran maupun uraian mengenai implementasi CSR sebagaimana adanya yang didapatkan pada penelitian. Selain itu penulis juga menggunakan data kepustakaan yang bersumber dari buku, data dokumentasi, data yang dimiliki perusahaan yang berhubungan dengan masalah yang ingin diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis teliti, bahwa Pertamina dalam pelaksanaan CSR memiliki beberapa aspek kegiatan yaitu pendidikan (beasiswa, renovasi sekolah, goes to campus, pyp), kesehatan (sehati, donor darah, Pertamina untuk anak Indonesia), lingkungan (penaman pohon, Pertamina coastal clean up) dan pemberdayaan masyarakat (bantuan permodalan, pelatihan keterampilan). Dalam melaksanakan program atau kegiatan CSR tersebut, Pertamina bekerjasama dengan instansi terkait, sekolah, universitas, LSM, Pemerintah daerah dllnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 068
Call Number: SK/09/388
NIM/NIDN Creators: 4430401-016
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Jul 2009 11:37
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26371

Actions (login required)

View Item View Item