Strategi produksi wisata kuliner di trans tv dlm memperkenalkan kekayaan kuliner nusantara periode september 2007 - januari 2008

Desianti, Leli (2009) Strategi produksi wisata kuliner di trans tv dlm memperkenalkan kekayaan kuliner nusantara periode september 2007 - januari 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Leli Desianti Strategi Produksi Wisata Kuliner Di Trans TV Dalam Memperkenalkan Kekayaan Kuliner Nusantara xiv + 5 bab + 104 halaman + 16 referensi (1988-2006)+ 1 halaman biografi Sejak tahun 1990-an industri pertelevisian di Indonesia sangat maju pesat, hal ini ditandai dengan hadirnya stasiun televisi baru, baik yang bersifat lokal maupun nasional. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV), yang telah melakukan siaran perdananya pada 15 Desember 2001. Salah satu program yang diproduksi TRANS TV yaitu WISATA KULINER. Adapun rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana STRATEGI PRODUKSI WISATA KULINER DI TRANS TV DALAM MEMPERKENALKAN KEKAYAAN KULINER NUSANTARA. Berdasarkan konsep tayangan yang telah ditentukan oleh tim produksi TRANS TV bahwa WISATA KULINER merupakan program berjenis ‘TV Magazine’ yang merupakan program yang mengangkat tema beragam makanan. Tanpa membatasi jenis makanan dan lokasinya, program ini dipandu Bondan Winarno seorang ahli kuliner Indonesia. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif artinya metode pada studi ini hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Sedangkan metodologinya adalah studi kasus (case study) di mana penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara yang dilakukan terhadap nara sumber yaitu Produser, Tim Kreatif dan Pembawa Acara (Host) WISATA KULINER. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim produksi WISATA KULINER di TRANS TV melakukan beberapa strategi untuk memperkenalkan kekayaan kuliner nusantara dengan cara melakukan beberapa tahapan dimulai dari Praproduksi (tahap perencanaan seperti penemuan ide, perencanaan, dan persiapan), Produksi (pelaksanaan dari perencanaan produksi seperti proses peliputan, teknik penyampaian pesan pembawa acara, dan pendekatan nara sumber) dan Pascaproduksi (tahap penyelesaian dari seluruh proses produksi di antaranya editing program, mixing dan evaluasi). Penulis menyimpulkan bahwa strategi WISATA KULINER di TRANS TV yang terpenting adalah ide-ide cemerlang dari para kru produksi serta penyampaian si pembawa acara yang menarik, mampu menjelaskan dan mendeskripsikan apa yang sedang dibawakan. Penulis juga menyarankan agar WISATA KULINER terus berinovasi, baik dari segi kemasan maupun content agar programnya dapat menghibur dan bermanfaat bagi pemirsa.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 030
Call Number: SK/09/365
NIM/NIDN Creators: 44105110040
Uncontrolled Keywords: produksi wisata kuliner tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Jul 2009 14:03
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26347

Actions (login required)

View Item View Item