Efektivitas komunikasi kampanye program safety riding polantas polda metro jaya utk meningkatkan pengetahuan ( Studi pelajar SMK Binakarya Mandiri di kabupaten Bekasi )

Munawaroh, Siti (2009) Efektivitas komunikasi kampanye program safety riding polantas polda metro jaya utk meningkatkan pengetahuan ( Studi pelajar SMK Binakarya Mandiri di kabupaten Bekasi ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI SITI MUNAWAROH 44205010-060 EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KAMPANYE “PROGRAM SAFETY RIDING” POLANTAS POLDA METRO JAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN (Studi Pada Pelajar SMK Binakarya Mandiri di Kabupaten Bekasi) V Bab; 104 Halaman; 21 Tabel; 5 Lampiran Bibliografi : (1986 – 2007) Tingginya tingkat kecelakaan dan kemacetan di Jabodetabek menjadi sesuatu hal yang harus segera diatasi. Kecelakaan lalu lintas kini bukan hanya sekedar menjadi berita saja, tetapi telah pada kondisi yang memprihatinkan, sehingga perlu langkah-langkah nyata untuk mencegahnya, menginggat selama ini kecelakaan yang terjadi sebagian besar melibatkan pengendara sepeda motor. Untuk mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan, maka Direktorat Lalu Lintas Polda Metropolitan Jakarta Raya sebagai institusi kepolisian yang menanggani bidang lalu lintas mempunyai strategi dan program untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas melalui kegiatan-kegiatan ”Road Safety Kami Peduli Kemanusiaan”, yang salah satu programnya mengenai Safety Riding. Safety Riding merupakan kegiatan untuk keselamatan berkendara. Adapun tujuannya adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kemampuan mengendarai kendaraan bermotor dan peningkatan pengetahuan berlalu lintas. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut sejauhmana efektivitas komunikasi kampanye “program safety riding” Polantas Polda Metro Jaya untuk meningkatkan pengetahuan (studi pada pelajar SMK Binakarya Mandiri di Kabupaten Bekasi). Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas komunikasi kampanye “program safety riding” Polantas Polda Metro Jaya untuk meningkatkan pengetahuan (studi pada pelajar SMK Binakarya Mandiri di Kabupaten Bekasi). Adapun teori yang digunakan yaitu teori Lasswell yang berbunyi Who, Says what, In which channel, to whom, with what effect. Teori ini digunakan untuk mengukur efektivitas kampanye dilihat dari tataran efektivitas komunikasi kampanye. Tipe penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey terhadap pelajar yang mengikuti program safety riding. Populasi penelitian ini adalah pelajar SMK binakarya mandiri. Sample yang digunakan adalah total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sample didalam penelitian ini yang berjumlah 130 orang responden. Tehnik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dan diolah secara manual dengan menggunakan table, skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi kampanye “program safety riding” polantas Polda Metro Jaya untuk meningkatkan pengetahuan (studi pada pelajar SMK binakarya mandiri di Kabupaten Bekasi) adalah efektif/positif. Hal tersebut dikarenakan pengetahuan, kesadaran serta pemahaman mereka tentang tata cara berkendara yang baik dan aman dijalan raya lebih meningkat sebelum mereka mengikuti program safety riding tersebut. Adapun saran dari penulis adalah penggunaan media disini lebih bervariasi lagi, kemudian pesan melalui media brosur lebih dikemas sebaik mungkin agar pesan yang disampaikan dapat efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 074
Call Number: SK/09/335
NIM/NIDN Creators: 44205010060
Uncontrolled Keywords: komunikasi kampanye
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Jul 2009 14:38
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26321

Actions (login required)

View Item View Item