Pengaruh penghimpunan dana tabungan mudharabah dan deposito mudharabah thd laba bersih pd PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, dan PT Bank Syariah Mandiri Tbk

Andriyanto, (2009) Pengaruh penghimpunan dana tabungan mudharabah dan deposito mudharabah thd laba bersih pd PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, dan PT Bank Syariah Mandiri Tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Andriyanto (43205010192) Pengaruh Penghimpunan Dana Tabungan Mudharabah dan Deposito Mudharabah Terhadap Laba Bersih Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk dan PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. 1-x + 55 halaman, 6 Tabel, 2 Gambar, Lampiran Bibliografi Kata kunci : Tabungan Mudharabah, Deposito Mudharabah, Laba Bersih Penghimpunan dana merupakan simpanan atau titipan dana dari para nasabah yang akan diinvestasikan secara optimal untuk membiayai berbagai macam usaha yang halal dan produktif bagi kepentingan ummat yang dilakukan oleh perbankan syariah berdasarkan prinsip bagi hasil. Karena belakangan ini ada suatu peningkatan kepentingan terhadap kajian dunia perbankan menuju perbankan dalam perspektif Islami atau perbankan syariah. Hal ini disebabkan karena bank konvensional tidak sesuai dengan prinsipprinsip syariah Islam. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penghimpunan dana tabungan mudharabah dan deposito mudharabah terhadap laba bersih pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk dan PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. Dengan mengunakan metode penelitian kausal, dan memperoleh sampel sebanyak 12 sampel dengn teknik purposive sampling. Dan juga penelitian ini menggunakan analisa dengan model koefisien determinasi dan regresi linier berganda untuk mengetahui berapa besar pengaruh yang terjadi dan uji hipotesis dengan nilai F dan nilai t untuk mengetahui signifikansinya. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil dari uji koefisien determinasi 34,4%. Berdasarkan hasil uji F menunjukan Ha ditolak karena thitung (2,360) < ttabel (4,2565). Dan persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dari penelitian ini adalah Y = 26774300.385 + 0,103 X1 - 0,04 X2. Berdasarkan hasil uji t menunjukan Ha ditolak karena thitung (2.166) < t tabel (2,2281). Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan penghimpunan dana tabungan mudharabah dan deposito mudharabah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap laba bersih PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk dan PT. Bank syariah Mandiri, Tbk.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 211
Call Number: SE/09/574
NIM/NIDN Creators: 43205010192
Uncontrolled Keywords: LABA BERSIH, DEPOSITO MUDHARABAH, BANK MUAMALAT
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Jun 2009 15:02
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26211

Actions (login required)

View Item View Item