Analisis biaya relevan sbg alat bantu manajemen dlm pembuatan keputusan atas pesanan khusus pd PT Dialogue Garmindo Utama

Siallagan, Rina TR (2009) Analisis biaya relevan sbg alat bantu manajemen dlm pembuatan keputusan atas pesanan khusus pd PT Dialogue Garmindo Utama. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Bagi perusahaan yang memiliki kapasitas produksi masih ada yang menganggur maka alternatif pembiayan yang perusahaan ambil adalah konsep biaya relevan. Dalam hal ini PT Dialogue Garmindo Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang garmen atau textile mengalami hal tersebut terutama dalam hal menerima atau menolak pesanan khusus. Untuk pengadaan penggunaan biaya relevan sebagai alat bantu manajemen dalam hal menerima atau menolak pesanan khusus, perusahaan dihadapkan pada pengambilan keputusan yang tepat apakah melalui alternatif menerima atau menolak pesanan. Dari ke dua alternatif pembiayaan tersebut dianalisa dengan konsep biaya relevan yang didasarkan pada konsep different analisys for different purposes, untuk menentukan pembiyaan manakah yang menguntungkan bagi perusahaan dan mengetahui pencatatan yang dilakukan perusahaan. Dalam menganalisa untuk pengambilan keputusan, perusahaan melakukan perhitungan rugi laba dengan menggunakan pendekatan margin kontribusi. Berdasarkan hasil perhitungan dapat ditarik kesimpulan dimana pesanan khusus dapat diterima selama harga jual per unit yang ditawarkan oleh pemesan masih di atas biaya-biaya yang relevan diperhitungkan dalam pesanan khusus atau dengan kata lain selagi harga jual per unit minimum pesanan khusus tidak mengalami laba atau rugi tet pi sama dengan total biaya produksi variabel per unit.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 08 034
Call Number: SE/09/471
NIM/NIDN Creators: 43206110278
Uncontrolled Keywords: BIAYA RELEVAN, MANAJEMEN, KEPUTUSAN
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Jun 2009 09:49
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26125

Actions (login required)

View Item View Item