Strategi proses tahapan produksi program "Nuansa Seribu Pulau" dalam upaya meningkatkan rating dan share periode september - desember 2008 di Tv One

Satria, Dipa Eka (2009) Strategi proses tahapan produksi program "Nuansa Seribu Pulau" dalam upaya meningkatkan rating dan share periode september - desember 2008 di Tv One. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Dipa Eka Satria Strategi Proses Tahapan Produksi Program “Nuansa Seribu Pulau” Dalam Upaya Meningkatkan Rating dan Share Periode September – Desember 2008 Di TV ONE. xiv + 5 bab + 90 halaman + 16 referensi + 1 halaman biografi Program Nuansa Seribu Pulau merupakan salah satu program unggulan TV ONE yang menampilkan informasi tentang kekayaan alam serta keindahannya. Program ini dikemas semi Dokumenter. Banyaknya program sejenis di stasiun tv lain membuat pengelola program khususnya tim produksi program nuansa seribu pulau harus lebih kreatif sehingga mampu menarik perhatian pemirsa. Tentunya usaha kreatif mereka untuk mengembangkan program dilandasi dengan strategi yang disiapkan. Penulis ingin mengetahui strategi yang dilakukan oleh tim produksi program Nuansa Seribu Pulau untuk meningatkan performa dan kualitas program serta meningkatkan rating dan share program ini. Sesuai dengan konsep tayangan yang telah ditentukan oleh pengelola program bahwa Nuansa Seribu Pulau merupakan program dengan jenis semi dokumenter dimana pesan atau informasi yang disampaikan menggambarkan keadaan situasi di daerah yang diliput seperti yang dikatakan John Grierson bahwa dokumenter merupakan rekaman aktualias kehidupan atau kejadian secara spontan tanpa media perantara dan dokumenter juga merupakan metode publikasi sinematik didalamnya terdapat perlakuan kreatif dan keaktualitasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan kualitatif artinya metode pada studi ini hanya memaparkan situasi atau peristiwa, sedangkan Metodologinya adalah studi kasus, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara yang dilakukan terhadap narasumber, adapun narasumbernya adalah Produser program Nuansa Seribu Pulau, Reporter Nuansa Seribu Pulau dan Kameraman Nuansa Seribu Pulau. Dari hasil penelitian yang didapat penulis berkesimpulan bahwa pengelola program Nuansa Seribu Pulau melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas dan penampilan tayangan sehingga mampu untuk meningkatkan perolehan rating dan share dengan cara melakukan beberapa tahapan seperti: Planning (Perencanaan, Proses penentuan konsep, penempatan jam tayang, penentuan target audiens) Organising (koordinasi antar bagian) Actuating (proses produksi program) dan Controlling (evaluasi ) hasil dari tayangan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 034
Call Number: SK/09/320
NIM/NIDN Creators: 44105110008
Uncontrolled Keywords: PROSES PRODUKSI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:14
Last Modified: 11 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26009

Actions (login required)

View Item View Item