Pengaruh penggunaan majalah polisi thd daya tarik pemenuhan informasi pegawai polda metrojaya periode oktober 2008- maret 2009

Febriansyah, Wahyu (2009) Pengaruh penggunaan majalah polisi thd daya tarik pemenuhan informasi pegawai polda metrojaya periode oktober 2008- maret 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI WAHYU FEBRIANSYAH (04203-097) Pengaruh Penggunaan Majalah Polisi Terhadap Daya Tarik Pemenuhan Informasi Pegawai Polda Metropolitan Jakarta Raya Xiii + 102 halaman ; 7 lampiran Bibliografi : 23 Acuan (1985-2007) Unit kehumasan di sebuah lembaga pemerintah merupakan hal yang sangat penting karena dengan adanya unit kehumasan, pemerintah dapat menyampaikan informasi atau menjelaskan kebijakan serta tindakan tertentu terkait dengan tugas-tugas kepemerintahan. Keberadaan unit kehumasan pemerintah dapat memaksimalkan hubungannya dengan khalayak baik internal maupun eksternal. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh seorang humas untuk menopang kegiatan internal suatu organisasi atau perusahaan adalah dengan pembuatan media internal (internal magazine). Fungsi sebagai media internal bagi organisasi merupakan sarana komunikasi, informasi, pendidikan, hiburan, dan pengetahuan. Dengan kata lain, majalah internal ini dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pemenuhan kebutuhan akan informasi bagi karyawan. Dalam hal ini penelitian dilakukan di Polda Metropolitan Jakarta Raya, adapun permasalahan yang akan diangkat adalah pengaruh penggunaan majalah polisi terhadap daya tarik pemenuhan informasi pegawai polda metropolitan Jakarta Raya periode Oktober 2008- Maret 2009. Penelitian ini mengacu pada konsep teori uses dan gratifications sebagai salah satu landasannya dan yang menjadi permasalahan utama bukanlah bagaimana media mengubah sikap prilaku khalayak, tetapi bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial khalayak. Menurut Rosengren yang dikutip oleh Jalaludin Rakhmat, penggunaan media terdiri dari jumlah waktu yang digunakan dalam berbagai media, jenis isi media yang dikonsumsi dan berbagai hubungan antara individu konsumen media dengan isi media yang dikonsumsi atau dengan media secara keseluruhan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini dilakukan untuk menemukan penjelasan tentang mengapa suatu kejadian atau gejala terjadi dengan penggunaan hipotesis sebagai jawaban sementara. Dengan metode penelitian survei, dalam penelitian survei informasi dikumpulkan dari 100 responden dengan menggunakan kuesioner . Dari hasil penelitian, pengaruh penggunaan majalah polisi terhadap daya tarik pemenuhan informasi karyawan Polda Metro Jaya secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pengunaan majalah polisi terhadap daya tarik pemenuhan informasi karyawan Polda Metro Jaya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 012
Call Number: SK/09/463
NIM/NIDN Creators: 04203-097
Uncontrolled Keywords: penggunaan majalah - pemenuhan informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Nov 2009 15:55
Last Modified: 05 Jun 2017 04:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25986

Actions (login required)

View Item View Item