Potret sinetron remaja Indonesia (Analisis isi sinetron akibat pergaulan bebas di sctv yg bermuatan kekerasan dan seks periode 2007)

Susiyanti, Evi (2009) Potret sinetron remaja Indonesia (Analisis isi sinetron akibat pergaulan bebas di sctv yg bermuatan kekerasan dan seks periode 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Sinetron dengan segmen remaja memang menjadi sasaran utama karena potensi jumlah penontonnya yang sangat besar, tidak saja dari mereka yang berumur 12 – 18 tahun. Tetapi juga di tonton oleh anak – anak dan orang tua. Namun sayangnya hampir tidak ada penelitian dan pemantauan yang di lakukan secara intensif dan berkesinambungan terhadap materi tayangan sinetron remaja. Padahal keluhan akan tayangan sinetron telah sering di lontarkan dalam berbagai diskusi publik, artikel, surat kabar/majalah, dan surat pembaca surat kabar. Isi sinetron yang terkait dengan kekerasan dan seks menjadi keluhan yang utama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan sinetron Akibat Pergaulan Bebas dari aspek kekerasan, seks dan mistis. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pasal – pasal P3SPS yang berhubungan langsung dengan pedoman perilaku penyiaran. Pada bagian ini, kita akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipatuhi pengelola program yang terkait dengan produksi program atau pedoman perilaku penyiaran dan hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dipatuhi pengelola program yang terkait dengan apa yang boleh dan tidak boleh ditayangkan atau standar program siaran. P3SPS memuat sejumlah aturan main yang harus dipatuhi pengelola program penyiaran ketika memproduksi jenis program tertentu yang mencakup program kekerasan, perbincangan ( seks ), dan mistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi yang bertujuan membuat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta – fakta dan sifat – sifat populasi atau objek tertentu. Periset sudah mempunyai konsep dan kerangka konseptual. Melalui kerangka konseptual, periset melakukan operasionalisasi konsep yang akan menghasilkan variabel beserta indikatornya. Riset ini untuk menggambarkan realitas yang sedang terjadi tanpa menjelaskan hubungan antarvariabel. Kecenderungan 50% sinetron yang sampel analisis terdapat unsur kekerasan dan 100% unsur seks. Hubunga seks, pemerkosaan / pemaksaan seksual, eksploitasi seks, perilaku seks menyimpang, pekerja seks komersil dan kata – kata kasar dan makian. Tidak terlalu signifikan jumlahnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 146
Call Number: SK/09/458
NIM/NIDN Creators: 44105010062
Uncontrolled Keywords: Analisis isi sinetron, sctv, kekerasan dan seks
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Nov 2009 15:19
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25981

Actions (login required)

View Item View Item