Persepsi khalayak thd tayangan liputan 6 di sctv (survey thd warga rw 03 kelurahan pdk karya kec pdk aren tangerang ttg dukun cilik ponari)

DG, Sesilia Belliana Cipta (2009) Persepsi khalayak thd tayangan liputan 6 di sctv (survey thd warga rw 03 kelurahan pdk karya kec pdk aren tangerang ttg dukun cilik ponari). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi berfungsi sebagai media penyebar informasi baik peristiwaperistiwa yang terjadi didalam maupun diluar negeri. Liputan 6 merupakan salah satu media jurnalistik televisi yang ditayangkan oleh SCTV. Pada periode 10 – 27 Febuari 2009 Liputan 6 sangat gencar menyajikan berita tentang Dukun Cilik Ponari yang sangat fenomenal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi khalayak terhadap tayangan tersebut. Persepsi merupakan suatu proses yang dimulai dari penglihatan hingga terbentuk tanggapan yang terjadi dalam diri individu sehingga individu sadar akan sesuatu dalam lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya. Jadi persepsi adalah salah satu bentuk dari respon yang diberikan oleh seseorang atau khalayak yang menonton suatu tayangan. Maka dari itu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model S-O-R. Dimana khalayak yang merupakan Organisme atau pihak penerima Stimulus yang diberikan oleh stasiun televisi memberikan Respon berupa persepsi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode survei yaitu dengan cara mengumpulkan informasi dari responden mengenai tayangan Liputan 6 tentang Dukun Cilik Ponari dengan mengisi kuisioner. Sebanyak 95 responden dari warga RW 03 Kelurahan Pondok Karya Kecamatan Pondok Aren Tangerang diambil sebagai sampel. Dan digunakan tehnik analisis Likers untuk mengukur persepsi khalayak. Dari penelitian ini diperoleh hasil persepsi dari sebanyak 55 responden atau 58% dari 95 sampel warga RW 03 Kelurahan Pondok Karya Kecamatan Pondok Aren Tangerang terhadap tayangan Liputan 6 tentang Dukun Cilik Ponari di SCTV adalah persepsi yang positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 100
Call Number: SK/09/446
NIM/NIDN Creators: 4410401-052
Uncontrolled Keywords: Persepsi khalayak thd tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Nov 2009 16:05
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25969

Actions (login required)

View Item View Item