Evaluasi media monitoring polda metro jaya periode april-juni 2008 (studi kasus kenaikan harga bbm)

Susila, Jaka (2009) Evaluasi media monitoring polda metro jaya periode april-juni 2008 (studi kasus kenaikan harga bbm). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Jaka Susila (4420401-002) Evaluasi Media Monitoring Polda Metro Jaya Periode April-Juni 2008 ( Studi Kasus Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak ) Jumlah halaman x ii+ 93 halaman + 11 lampiran Bibliografi 30 acuan (1983-2007) Menurut berita Media Indonesia tanggal 23 Mei 2008 pukul 21.15 WIB. Pemerintah secara resmi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak. Kasus kenaikan harga bahan bakar minyak yang terjadi telah menimbulkan dampak seperti adanya penimbunan, aksi kekerasan dan demo kenaikan harga bahan bakar minyak di diwilayah jakarta. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana proses kerja dalam kegiatan media monitoring yang dilaksanakan oleh tim kerja dari Bidang Humas Polda Metro Jaya, serta hasil yang dapat diperoleh dari proses kerja tersebut. Adapun perumusan masalah adalah Bagaimana Media Monitoring Polda Metro Jaya Dalam Menyikapi Kasus Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak Periode April – Juni 2008 ? Tinjauan pustaka dari penelitian ini terdiri dari Komunikasi yakni pengertian, tujuan,komponen, proses. Kemudian ada teori mengenai PR yaitu beberapa definisi PR, fungsi PR, peran PR, tugas PR. Kemudian menngenai Humas Pemerintah. Kemudian ada Media PR, Eksternal,Internal. Selain itu terdapat Komunikasi Massa, ciri – ciri, definisi, fungsi. Serta Kegiatan PR, Media Monitoring, tujuan, fungsi dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan sifat penelitiannya kualitatif dengan menggunakan studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan nara sumber dan pengumpulan dari media massa serta referensi lain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dan diolah, dapat diketahui bahwa proses kegiatan media monitoring meliputi, memilih berita, kliping, menandai, menyusun, memperbanyak dan memberikan kepada kepala subbidang dokliput dan kaur dokumentasi untuk ditanda tangani. Setelah mengobservasi kegiatan media monitoring secara langsung dan mengevaluasi pemberitaan di media massa pada kasus kenaikan harga bahan bakar minyak periode april – juni 2008, dan dari hasil empat media massa terdapat dua puluh lima berita dan masing – masing kecendrungan beritanya beragam yaitu, berita positif dua belas, negatif sebelas dan netral dua.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 045
Call Number: SK/09/442
NIM/NIDN Creators: 4420401-002
Uncontrolled Keywords: media monitoring
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Nov 2009 15:50
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25965

Actions (login required)

View Item View Item