Pengaruh program apa kabar indonesia malam thd opini khalayak di kelurahan karawaci tangerang ttg pemilihan presiden 2009

Meliala, Agatha Christie Octina (2009) Pengaruh program apa kabar indonesia malam thd opini khalayak di kelurahan karawaci tangerang ttg pemilihan presiden 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Media massa adalah sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator terhadap komunikan. Salah satu contohnya adalah Televisi. Kelebihan televisi dari media massa lainnya adalah bersifat audio visual, dapat dilihat dan didengar mengambarkan kenyataan. Program berita dan talkshow adalah salah satu program dari televisi yang sangat penting keberadaannya. Program berita dapat ditampilkan dalam dua format yaitu hardnews dan softnews. Program berita Apa Kabar Indonesia Malam di tvOne memberikan inspirasi dan menambah wawasan khalayak tentang berita terkini, dalam hal ini adalah berita seputar pemilihan presiden 2009. Pokok permasalahan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh program Apa Kabar Indonesia malam terhadap opini khalayak di Kelurahan Karawaci Tangerang tentang pemilihan presiden 2009. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan formulasi Harold Lasswell, yang mengungkapkan cara sederhana untuk memahami bagaimana sebuah pesan dikelola. Ungkapan terkenal Laswell ”who says what to whom in what channel with what effect” telah memberikan sebuh pemahaman terhadap bagaimana pengemasan sebuah pesan yang disiarkan melalui media dapat mempunyai pengaruh bagi orang yang menontonnya Peneliti menggunakan sifat penelitian eksplanatif kuantitatif dengan metode survei, serta memiliki dua uji hipotesis teoritis, yaitu hipotesis nihil (Ho) dan hipotesis alternatif (Ha). Teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan (purposive sampling), yaitu para penonton program Apa Kabar Indonesia Malam. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ho) yang dipakai, yaitu bahwa program Apa Kabar Indonesia Malam memiliki pengaruh terhadap opini khalayak. Hal ini terlihat pada kurva regresi yang menunjukan nilai koefisien regresi yaitu sebesar 0,657, yang mana nilai tersebut menunjukkan hasil positif. Harapan peneliti kualitas program Apa Kabar Indonesia Malam di tvOne dapat ditingkatkan agar tetap mendapat tempat di hati para penontonnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 155
Call Number: SK/09/420
NIM/NIDN Creators: 44106120022
Uncontrolled Keywords: opini khalayak, tv one, pilpres
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Nov 2009 15:11
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25943

Actions (login required)

View Item View Item