Persepsi mahasiswa thd tayangan jejas kasus di Indosiar periode Juni 2009 (Studi deskriptif pd mhs fikom angkatan 2006 dan 2007 umb)

Irwansyah, Selvi Novita (2009) Persepsi mahasiswa thd tayangan jejas kasus di Indosiar periode Juni 2009 (Studi deskriptif pd mhs fikom angkatan 2006 dan 2007 umb). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi sebagaimana media massa mempunyai fungsi informasi, hiburan, pendidikan, kontrol sosial dan penghubung wilayah secara geografis. Televisi sebagai media massa mempunyai pengaruh serta akibat yang ditimbulkannya melalui program acara yang ditayangkan. Program televisi adalah suatu acara televisi yang memberikan informasi dan hiburan terhadap khalayak. Program atau acara yang disajikan adalah faktor yang membuat khalayak atau audience tertarik. Tujuan diproduksinya suatu program adalah untuk menjaring audience sebanyak mungkin. Salah satu program acara Televisi yaitu Program acara Jejak Kasus yang ditayangkan oleh stasiun Televisi Indosiar. Jejak kasus adalah Program berita unggulan dari setiap stasiun televisi, karena masyarakat sangat membutuhkan berita untuk mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa yang dapat mempengaruhi hidupnya maupun khalayak luas. Berita kriminal merupakan berita yang paling diminati masyarakat luas, karena menyangkut keselamatan dan keamanan masyarakat. Jejak Kasus merupakan salah satu tayangan yang menjadi pelopor investigasi dan juga unggulan di indosiar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana angkatan 2006 dan 2007 terhadap Program acara Jejak Kasus di Indosiar periode juni 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh persepsi mahasiswa angkatan 2006 dan 2007 fakultas ilmu komunikasi Universitas Mercu Buana terhadap perogram acara Jejak kasus di Indosiar periode juni 2009. Persepsi adalah proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita, dan proses tersebut mempengaruhi perilaku kita. Teori “Stimulus Organisme Response (S-OR)” menjelaskan bahwa effek merupakan reaksi terhadap stimuli (rangsangan) tertentu. Effek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dimana penulis mengumpulkan informasi dari 102 Responden dipilih secara purposif, kemudian data yang diperoleh dari jawaban responden diolah secara manual dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana angkatan 2006 dan 2007 terhadap Program acara Jejak Kasus di Indosiar periode juni 2009 memiliki persepsi positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 074
Call Number: SK/09/417
NIM/NIDN Creators: 4410401-096
Uncontrolled Keywords: Persepsi mahasiswa - tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Nov 2009 14:51
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25940

Actions (login required)

View Item View Item