Strategi komunikasi pemasaran STBA LIA dlm mendapatkan calon mahasiswa baru pd tahun 2007

Rizki, Ismar (2009) Strategi komunikasi pemasaran STBA LIA dlm mendapatkan calon mahasiswa baru pd tahun 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Ismar Rizki NIM : 44305110033 Judul Skripsi : Strategi Komunikasi Pemasaran STBA LIA Dalam Mendapatkan Calon Mahasiswa Baru Pada Tahun 2007. Viii + 64 Halaman + 1 Gambar Bibliografi : 17 Buku (1995-2007) Adanya persaingan global dan perubahan ekonomi di masyarakat telah membawa dampak terhadap kelangsungan perguruan-perguruan tinggi. Adanya pemberian otonomi yang luas di dunia pendidikan tidak hanya memberikan peluang bagi pelaku pendidikan untuk lebih meningkatkan kualitas serta mutu perguruan tingginya tetapi juga telah menciptakan kondisi yang kompetitif khususnya dalam mendapatkan calon mahasiswa baru. Untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, sebuah perguruan tinggi harus memiliki strategi yang tepat untuk mengkomunikasikan apa yang menjadi tujuan dari aktivitas komunikasi pemasarannya. dan memahami bahwa kesuksesan suatu lembaga pendidikan dalam mendapatkan mahasiswa baru tidak hanya didukung sepenuhnya oleh sarana dan prasarana yang ada, tetapi juga strategi komunikasi pemasaran Kerangka pemikiran yang digunakan mengacu pada Teori Stimulus Response dari De Fleur dan konsep komunikasi pemasaran Chriss Fill. Menurut Teori Stimulus Response, Efek atau pengaruh yang dihasilkan akibat adanya proses komunikasi merupakan reaksi dari adanya rangasangan tertentu, dimana besar kecilnya rangsangan tergantung pada isi dan penyajian stimulus.. Sedangkan Chriss Fill menjelaskan bahwa dalam sistem komunikasi pemasaran terdapat bauran pemasaran yang merupakan faktor kunci keberhasilan dari kegiatan pemasaran. Namun semua hal tersebut tidak terlepas dari peran penting komunikasi pemasaran dalam menyampaikan informasi tentang keberadaan suatu perguruan tinggi kepada khalayak. Perumusan Masalahnya adalah Bagaimana Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan STBA LIA dalam mendapatkan calon mahasiswa baru pada tahun 2007 Sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan STBA LIA dalam mendapatkan calon mahasiswa baru pada tahun 2007. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus (case study), dengan sifat penelitian deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) dengan bagian Humas dan pemasaran STBA LIA dan menggunakan data-data yang diperoleh dari STBA LIA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya, STBA LIA menggunakan alat promosi seperti periklanan di media cetak, media luar ruang seperti spanduk, brosur, giant banner dan poster, pameran pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 045
Call Number: SK/09/404
NIM/NIDN Creators: 44305110033
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Nov 2009 15:08
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25927

Actions (login required)

View Item View Item