Hubungan antara pelaksanaan pemeriksaan dgn tujuan tertentu oleh perwakilan BPK-RI di Bandung dgn pelaksanaan prinsip good governance dlm pengelolaan keuangan daerah pd pemda di prov Jabar tahun 20006 dan 2007

Edyamsyah, Han Han (2009) Hubungan antara pelaksanaan pemeriksaan dgn tujuan tertentu oleh perwakilan BPK-RI di Bandung dgn pelaksanaan prinsip good governance dlm pengelolaan keuangan daerah pd pemda di prov Jabar tahun 20006 dan 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian penulis yang berjudul “Hubungan Antara Pelaksanaan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu Oleh Perwakilan BPKRI di Bandung Dengan Pelaksanaan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Daerah Di Provinsi Jawa Barat Tahun 2006 Dan 2007”. Latar belakang yang mendasari penulisan skripsi ini adalah penyelenggaraan otonomi daerah di Indonesia, memunculkan isu-isu perwujudan good governance yang merupakan elemen penting dalam mencapai tujuan nasional. Di dalam bidang keuangan, dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya, selain melakukan Pemeriksaan atas Laporan Keuangan setiap tahunnya, di Provinsi Jawa Barat, Perwakilan BPK-RI di Bandung melakukan Pemeriksaan Penunjang berupa Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (Special Audit) diantaranya Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Pendapatan, Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Kas, dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Belanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu tersebut memiliki keterkaitan yang kuat dengan perwujudan Good Governance pada Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Barat, sejak dibukanya Perwakilan BPK-RI di Bandung pada tahun 2006. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden yang berjumlah 66 (enam puluh enam) orang, yang diperoleh melalui teknik cluster sampling. Data yang diperoleh dari kuesioner kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Apabila telah valid dan reliabel, dilakukan uji hubungan atas masing-masing variabel Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu dengan variabel Good Governance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Kas, Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Belanja, dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Pendapatan, seluruhnya memiliki hubungan positif dengan Good Governance, yang berarti semakin baik Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu, maka semakin baik pula Good Governance. Apabila dilihat dari kekuatan hubungannya, maka yang memiliki hubungan kuat dengan variabel Good Governance adalah Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Kas dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Pendapatan, sehingga kedua jenis pemeriksaan ini layak untuk diberi prioritas dalam pelaksanaan tugas pemeriksaan oleh Perwakilan BPK-RI di Bandung di masa mendatang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 033
Call Number: SE/09/852
NIM/NIDN Creators: 43206110190
Uncontrolled Keywords: pengelolaan keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Oct 2009 10:10
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25783

Actions (login required)

View Item View Item