Aktivitas komunikasi pemasaran surat kabar harian umum rakyat merdeka dlm memasarkan ruang2 iklannya pd tahun 2008

Damayanti, Ria (2009) Aktivitas komunikasi pemasaran surat kabar harian umum rakyat merdeka dlm memasarkan ruang2 iklannya pd tahun 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Banyaknya perkembangan teknologi dan persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, serta melihat banyaknya perusahaan-perusahaan yang bermunculan baik di bidang media massa menjadikan setiap perusahaan harus siap dengan benteng pertahanannya demi ikut bersaing dengan perusahaan-perusahaan sejenis baik dengan yang baru ataupun yang sudah ada di pasaran. Salah satu tujuan dari perusahaan dalam membangun sebuah perusahaan (company) adalah selain mendapatkan keuntungan (profit) yang besar, perusahaan menginginkan semakin banyaknya klien yang memiliki kepercayaan kepada perusahaan. Selain itu perusahaan menginginkan terjalinnya hubungan yang baik antara perusahaan dengan klien. Banyaknya klien, dapat menguntungkan bagi sebuah perusahaan, karena semakin banyak klien, maka makin besar profit yang di dapat dalam perusahaan. Ditengah ketatnya persaingan koran, penulis tertarik untuk melihat bagaimana koran Rakyat Merdeka sebagai koran top leader politik yang mempunyai berita-berita politik terhangat membuat aktivitas komunikasi pemasaran untuk memasarkan ruang-ruang iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh surat kabar harian umum Rakyat Merdeka agar pengiklan mau beriklan pada ruang-ruang iklan di koran Rakyat Merdeka. Untuk mempermudah penelitian penulis hanya melakukan penelitian di Jakarta dengan mempersempit waktu penelitian kedalam periode bulan Juli – Desember 2008. Kerangka pemikiran terdiri dari tahap-tahap dalam aktivitas komunikasi pemasaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengendalian yang digunakan untuk membahas mengenai komunikasi pemasaran diambil dari Philip Kotler, Rhenald Kasali, Sutisna dan beberapa lainnya yang mendukung dalam penelitian ini. Sifat penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif yang hanya terbatas pada bahasan untuk menggambarkan suatu masalah, keadaan atau peristiwa secara objektif, sistematis dan cermat sebagaimaan adanya suatu keadaan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan data yang diberikan oleh perusahaan. Hasil penelitian mununjukan bahwa pelaksanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh surat kabar harian umum Rakyat Merdeka yaitu penetuan bauran promosi, target penjualan ruang iklan koran Rakyat Merdeka per- Bulan, strategi tata letak ruang iklan koran Rakyat Merdeka dan bentuk hubungan antara koran Rakyat Merdeka dengan pengiklan dan biri iklan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 025
Call Number: SK/09/500
NIM/NIDN Creators: 04303-054
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 14:29
Last Modified: 05 Jun 2017 05:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25690

Actions (login required)

View Item View Item