Strategi komunikasi pemasaran PT LG Electronics Indonesia dlm rangka meningkatkan brand awareness produk ponsel LG KT610

Dwiyanto, Agung Salam (2009) Strategi komunikasi pemasaran PT LG Electronics Indonesia dlm rangka meningkatkan brand awareness produk ponsel LG KT610. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

A B S T R A K S I Agung Salam Dwiyanto 44305120038 Strategi Komunikasi Pemasaran PT. LG Electronics Indonesia Dalam Rangka Meningkatkan Brand Awareness Produk Ponsel LG KT610 Melalui strategi komunikasi pemasaran yang tepat, perusahaan berkomunikasi dengan konsumen sasaran dalam menyampaikan informasi mengenai produk yang dipasarkan. LG sebagai salah satu produsen ponsel terbesar ke 3 didunia yang telah banyak memasarkan berbagai tipe ponsel di Indonesia yang salah satunya adalah ponsel smartphone LG KT610, berupaya membuat konsep strategi komunikasi pemasaran yang tepat dan efektif dalam memasarkan ponsel LG KT610 agar sukses dipasar dan mampu menghadapi persaingan yang semakin kompetitif sehingga bisa meningkatkan brand awareness. Kerangka pemikiran pada penelitian ini menggunakan konsep dari Philip Kottler yang menggambarkan mengenai rangkaian keputusan-keputusan suatu strategi komunikasi pemasaran secara jelas mengenai kegiatan komunikasi pemasaran melalui suatu rangkaian strategi. Hal ini membantu penulis dalam memperoleh gambaran yang jelas mengenai strategi komunikasi pemasaran PT. LG Electronics Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tipe kualitatif yang bersifat deskriptif pada pengembangan studi kasus. Objek penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT. LG Electronics Indonesia Mobile Communication Division di Jakarta pada Agustus 2008 sampai dengan Januari 2009. Dari hasil analisa diketahui, dalam menetapkan strategi komunikasi pemasaran, divisi marcomm LGEIN MC melakukannya dalam beberapa tahapan, yaitu menentukan tujuan, melakukan analisa pasar, analisis SWOT, menetapkan STP, merancang pesan, menentukan bentuk bauran komunikasi pemasaran yang dipilih dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia dan berdasarkan agenda yang telah dibuat diawal tahunnya. Dengan diterapkannya strategi komunikasi pemasaran ini, diharapkan brand image ponsel LG dapat meningkat dan marketshare bisa naik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dalam melakukan strategi komunikasi pemsaran LGEIN MC melakukan perencanaan menggunakan strategi menarik (pull strategy) yang mengarahkan aktivitas umumnya iklan dan promosi konsumen secara langsung, menggunakan media ATL dan BTL, melakukan kontrol dan evaluasi secara periodik. Namun kegiatan promosi harus lebih kreatif, unik dan terus dikembangkan agar produk bisa memiliki daya jual yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 033
Call Number: SK/09/496
NIM/NIDN Creators: 44305120038
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 14:08
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25686

Actions (login required)

View Item View Item