Strategi komunikasi pemasaran terpadu dlm mempertahankan loyalitas pemirsa program acara televisi KDI 5 tahun 2008 di TPI

Saputra, Alam (2009) Strategi komunikasi pemasaran terpadu dlm mempertahankan loyalitas pemirsa program acara televisi KDI 5 tahun 2008 di TPI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangannya musik dangdut kini begitu fenomenal. Musik ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat di Indonesia. Di lain hal, musik ini telah menjadi komoditas di industri pertelevisian. Persaingan program acara televisi yang bernuansakan irama dangdut pun begitu pesat, terutama kontes musik dangdut. Pada tahun 2004 TPI sukses mempelopori penyelenggaraan kontes musik dangdut di layar kaca yang bernama Kontes Dangdut Indonesia (KDI). Namun, penyelenggaraan KDI 3 tahun 2006 hingga KDI 5 tahun 2008 performanya terus menurun. Demi mempertahankan eksistensi KDI, TPI perlu melakukan inovasi program dan menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu di berbagai lini. Dalam mewujudkan tujuan perusahaan, pemahaman terhadap karakteristik pemirsa khususnya pemirsa loyal pun perlu ditingkatkan. Teori yang digunakan adalah teori Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) dari Philip Kotler dan Tom Duncan, konsep strategi komunikasi pemasaran yaitu strategi tarik (pull strategy) dari Philip Kotler sedangkan-10 konsep tentang pembangunan IMC menuju loyalitas pelanggan dari Schultz dan Kitchen serta Estaswara. Sifat penelitian ini adalah deskrptif kualitatif bertujuan untuk memaparkan secara lengkap dan terperinci tentang strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam mempertahankan loyalitas pemirsa Sedangkan, metode penelitiannya adalah metode penelitian studi kasus dengan teknik wawancara mendalam ke beberapa narasumber dari internal perusahaan. Hasil penelitiannya adalah strategi IMC KDI 5 tahun 2008 yang dilaksanakan oleh divisi promosi TPI adalah periklanan, merchandising, dan events marketing. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penonton dan mempertahankan loyalitas pemirsa. Namun, dalam pelaksanaannya mengalami berbagai kendala sehingga tidak berhasil mewujudkan target perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 023
Call Number: SK/09/495
NIM/NIDN Creators: 44306110039
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 14:03
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25685

Actions (login required)

View Item View Item