Persepsi para ibu rumah tangga rw 08 kel joglo jakbar thd program acara reality show termehek-mehek di trans tv

Apriyanto, Ade (2009) Persepsi para ibu rumah tangga rw 08 kel joglo jakbar thd program acara reality show termehek-mehek di trans tv. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Komunikasi massa identik dengan media massa. Ini karena komunikasi massa menggunakan media massa untuk mengkomunikasikan informasi kepada masyarakat yang bersifat heterogen. Dan salah satu yang berkaitan dengan media massa adalah televisi. Melalui komuniksi massa, informasi dapat disampaikan pada pemirsa yang luas secara cepat hampir bersamaan. Dari pemirsa yang bersifat heterogen, informasi yang diterima pun dipersepsikan berbeda-beda. Berdasarkan dari latar belakang diatas, dirumuskan dalam penelitian yaitu bagaimana persepsi para ibu rumah tangga RW 08 keluruhan joglo terhadap program acara reality show “Termehek-mehek” di TRANS TV. Pada minggu ke-47 tahun 2008, tayangan tersebut memperoleh rating dan share tertinggi dari semua acara yang ditayangkan di stasiun televisi, yakni 7,2 dan 27,3. Mampu mengalahkan dominasi sinetron didalam urusan perolehan rating. Memenangkan kategori program reality show terfavorit dalam ajang Panasonic Award 2009. Persepsi sebagai hal yang diteliti. Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui persepsi pemirsa terhadap program acara reality show “Termehek-mehek”di TRANS TV yang ditayangkan setiap hari sabtu dan minggu, pukul 18.15 sampai 19.15 WIB. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan metode survey. Data diperoleh di RW 08 kelurahan joglo jakarta barat sebanyak 88 responden. Dan data primer diperoleh dengan kuisioner dan diolah menggunakan tekhnik purpossive sampling. Dari data identitas responden diketahui bahwa seluruh responden pernah menonton program acara reality show “Termehek-mehek”.Dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini sebanyak 49 % responden memiliki persepsi positif dan 51 % responden memiliki persepsi netral terhadap program acara reality show “Termehekmehek”, dan 0% responden yang memiliki persepsi negatif terhadap program acara reality show “Termehek-mehek”. Ini berarti setengah responden dari program acara reality show “Termehek-mehek” menyukai tayangan ini. Pada tahap perhatian sebesar 70% responden memperhatikan tema yang selalu muncul diawal episode, sebanyak 69% responden menafsirkan adanya keraguan pada keaslian cerita. Dan tahap pengetahuan 91% responden mengetahui host program acara reality show “Termehek-mehek”. Sedangkan saran yang diberikan untuk program acara reality show “Termehek-mehek” agar reality show “Termehek-mehek” mengurangi unsur dramatisasi agar terlihat real.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 149
Call Number: SK/09/491
NIM/NIDN Creators: 44105010177
Uncontrolled Keywords: Persepsi - program acara, reality show, trans tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 11:24
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25681

Actions (login required)

View Item View Item