Dampak kognitif dan afektif tayangan reportase investigasi di trans tv thd warga rw 02 kelurahan gaga larangan tangerang

Antalo, Jenia Ristia (2009) Dampak kognitif dan afektif tayangan reportase investigasi di trans tv thd warga rw 02 kelurahan gaga larangan tangerang. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Jenia Ristia Antalo (44105010123) Dampak Kognitif dan Afektif Tayangan REPORTASE INVESTIGASI di Trans TV Terhadap Warga RW 02 Kelurahan Gaga Larangan Tangerang xii + 114 Hal + 5 Lampiran Bibliografi 27 Acuan (1970-2008) Alat informasi media massa mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses penyebaran komunikasi, Televisi sebagai bagian dari kebudayaan audiovisual yang merupakan medium paling berpengaruh dalam membentuk sikap dan kepribadian masyarakat secara luas. Beragam Tayangan Berita Investigasi membuat pihak stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan yang mampu menarik simpati masyarakat. Reportase Investigasi merupakan salah satu tayangan berita investigasi yang diproduksi stasiun Trans TV, tayangan berita investigasi ini memiliki audience yang cukup banyak didaerah Kelurahan Gaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan sikap terhadap warga mengenai tayangan Reportase Investigasi. Dalam penelitian ini menggunakan formula Laswell, menggunakan cara sederhana untuk memahami bagaimana sebuah pesan dikelola. Model laswell ini terkenal dengan model SMCRE yang merupakan tingkatan dari (S-)ource (sumber), (M-)essage (pesan), (C)hannel (saluran yang digunakan), (R-)eceiver (penerima pesan) dan (E-)ffect) (pengaruh yang ditimbulkan). Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hanyalah memaparkan situasi dan peristiwa. Metode penelitian survei dengan mengambil sampel dari satu populasi . Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Adapun populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah warga RW 02 Kelurahan Gaga Larangan Tangerang yang berjumlah 249 ibu rumah tangga. Namun dalam penelitian ini ini penulis membatasi jumlah populasi, penulis hanya memilih populasi yang berusia 20 – 60 tahun sebanyak 100 jiwa. Secara keseluruhan berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, Dampak Kognitif dan Afektif Tayangan REPORTASE INVESTIGASI di Trans TV Terhadap Warga RW 02 Kelurahan Gaga Larangan Tangerang disimpulkan (77%) warga dapat mengetahui, memahami berbagai kasus kejahatan dan bersikap hati-hati dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 072
Call Number: SK/09/486
NIM/NIDN Creators: 44105010123
Uncontrolled Keywords: kognitif dan afektif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 15:02
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25676

Actions (login required)

View Item View Item