Efektifitas komunikasi interpersonal melalui facebook untuk menjalin relasi antar mahasiswa UMB (survei pd mahasiswa public relations

Ningsih, Utami Lestari (2009) Efektifitas komunikasi interpersonal melalui facebook untuk menjalin relasi antar mahasiswa UMB (survei pd mahasiswa public relations. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dan tidak bisa hidup tanpa orang lain. Sehingga komunikasi terutama komunikasi interpersonal adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan. Seiring berkembangnya jaman, komunikasi tidak hanya dapat dilakukan secara face-toface, tetapi juga dapat dilakukan melalui media komunikasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan media internet. Joseph A. Devito dalam bukunya “The Interpersonal Communication Book” mendefinisikan komunikasi antar pribadi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orangorang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika. Facebook merupakan salah satu komunitas online yang populer, di mana para anggotanya yang kebanyakan merupakan mahasiswa dapat saling berhubungan dan berkomunikasi. Kepopuleran facebook telah meluas ke seluruh dunia dan menarik perhatian banyak komunitas besar dari Indonesia. Komunikasi Interpersonal yang efektif diperlukan agar komunikasi dapat berjalan dengan baik antara kedua pihak. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui keefektifitasan komunikasi interpersonal melalui media "facebook" pada mahasiswa Universitas Mercu Buana. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 73 responden yang diambil menggunakan teknik Stratified sampling, dengan strata populasi 276 mahasiswa Universitas Mercu Buana Jurusan Public Relations angkatan 2005-2008. Dengan menggunakan rumus weight mean score didapat hasil skor rataratanya adalah sebesar 78,8% yang berarti bahwa komunikasi interpersonal melalui media "facebook" pada mahasiswa Universitas Mercu Buana dapat dikategorikan efektif. Kata Kunci: Efektifitas Komunikasi Interpersonal, Facebook.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 032
Call Number: SK/09/485
NIM/NIDN Creators: 44205010020
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 14:58
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25675

Actions (login required)

View Item View Item