Persepsi anak2 thd program sinetron tarzan cilik di RCTI (Deskriptif SD Ash-Sholihin kelas 6 Jakarta Barat)

Mamur, Lydia (2009) Persepsi anak2 thd program sinetron tarzan cilik di RCTI (Deskriptif SD Ash-Sholihin kelas 6 Jakarta Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Tayangan sinetron Tarzan Cilik yang ditayangkan di RCTI memiliki cukup banyak peminatnya, oleh karena itu akan timbul berbagai macam persepsi terhadap tayangan ini. Program sinetron “Tarzan Cilik” sangat menarik perhatian anak-anak khususnya SD Kelas 6 Ash-Sholihin, karena sinetron “Tarzan Cilik” mencoba menyuguhkan sebuah komedi ringan yang bisa diterima semua kalangan. Sinetron ini dapat memberikan pengaruh bagi khalayak khususnya anak-anak yang bisa menimbulkan sebuah persepsi. Persepsi dalam penelitian ini proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita. yang bertujuan untuk mengetahui persepsi SD kelas 6 Ash-Sholihin khususnya angkatan 2008/2009 terhadap program sinetron Tarzan Cilik di RCTI. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi anak-anak terhadap program sinetron anak di televisi. Pada bagian ini, kita akan membahas beberapa hal yang membuat anak-anak tertarik pada sinetron yang memang dikhususkan untuk anak-anak. Hal-hal apa saja yang membuat anak-anak tertarik pada tayangan sinetron anak, antara lain dilihat dari tokoh cerita, isi cerita, visualisasi gambar dan musik. Dari data identitas responden diketahui bahwa seluruh responden pernah menonton tayangan sinetron Tarzan Cilik di RCTI. Data diperoleh dari SD kelas 6 Ash-Sholihin angkatan 2008/2009 sebanyak 86 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta dan objek tertentu. Peneliti menggunakan kuisioner dengan teknik totally sampling dan menggunakan teori Stimulus-Respons, seperti; pesan(stimulus)-seorang penerima(receiver)-efek(respon). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini sebanyak 95,2 % responden memiliki persepsi positif yang menilai sinetron Tarzan Cilik bagus untuk tayangan anak-anak dan 3,5 % responden memiliki persepsi netral yang menilai sinetron Tarzan Cilik bagus tetapi dari segi visualisasi gambar yang ditampilkan kurang dan persepsi negatif memiliki 1,3 % responden terhadap program sinetron Tarzan Cilik di RCTI. Ini berarti sebagian besar dari responden dari tayangan sinetron Tarzan Cilik menyukai tayangan ini. Namun saran kepada pihak televisi harus dapat tepat memilih sinetron anak dan menayangkannya karena program acara yang disiarkan dapat disaksikan penonton secara luas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 132
Call Number: SK/09/476
NIM/NIDN Creators: 44105010090
Uncontrolled Keywords: Persepsi, program sinetron, RCTI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 12:02
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25666

Actions (login required)

View Item View Item