Analisis isi opini publik ttg pengoperasian bus trans jakarta koridor viii di media massa kompas ( periode januari - april 2009)

Valentina, Fitria Handayani (2009) Analisis isi opini publik ttg pengoperasian bus trans jakarta koridor viii di media massa kompas ( periode januari - april 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL SKRIPSI)
44205010044 Fitria Handayani Valentina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Fitria Handayani Valentina 44205010044 Analisis Isi Opini Publik Tentang Pengoperasian Bus Transjakarta Koridor VIII Di Media Massa Kompas (Periode Januari-April 2009) viii – xi + 93 Halaman + 5 Lampiran Bibiliogafi : 16 Acuan (1994 – 2007) Kata Kunci : Analisis Isi, Opini Publik, Pengoperasian Bus Transjakarta Koridor VIII, Media Massa Kompas Bidang transportasi di Indonesia, khususnya di Jakarta sedang dalam proses perbaikan. Pemerintah membuat satu program untuk meminimalisir kemacetan di Jakarta dengan mengoperasikan angkutan masal yaitu bus Transjakarta. Karena bus transjakarta termasuk program transportasi pemerintah yang cukup baru, juga program pemerintah yang cukup menimbulkan pro dan kontra yang cukup banyak khususnya di koridor VIII ini. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui sejauh mana opini public tentang pengoperasian bus transjakarta koridor VIII. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang di ungkapkan oleh Bertrad R. Canfield yang mengatakan bahwa tujuan dasar dari Public Relation adalah membentuk atau mempengaruhi opini publik. Oleh karena itu, sangat penting bagi praktisi PR untuk memahami opini public, baik secara pembentukannya, sifat atau ciri-cirinya, pengembangannya, dan juga pengertiannya. Opini publik adalah sikap orang-orang mengenai sesuatu soal, dimana mereka merupakan anggota dari sebuah masyarakat yang sama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe / sifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan secara cermat dan sistematis fakta, gejala, fenomena, opini atau pendapat dalam menggambarkan suatu kejadian, dengan menggunakan metode penelitian analisis isi. Data primer diperoleh langsung dengan mengumpulkan seluruh opini publik atau masyarakat tentang pengoperasian bus transjakarta koridor VIII yang dimuat di media massa Kompas selama periode Januari-April 2009. Hasil penelitian yang di dapat adalah opini Publik tentang pengoperasian bus transjakarta koridor VIII di dalam pemberitaan Kompas selama periode Januari – April 2009 adalah cenderung negatif. Oleh karena itu, BLU Transjakarta Busway diharapkan dapat berkoordinasi dengan baik dengan berbagai pihak seperti Dinas Perhubungan, pihak kepolisian dan tentu saja masyarakat sendiri untuk dapat beropersasi dengan lebih baik lagi, selain itu diharapkan BLU Transjakarta Busway menambah armada bus untuk jalur bus Transjakarta Koridor VIII agar kefektifan waktu dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 024
Call Number: SK/09/475
NIM/NIDN Creators: 44205010044
Uncontrolled Keywords: Analisis isi opini
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 11:59
Last Modified: 03 May 2023 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25665

Actions (login required)

View Item View Item