Pengendalian Persediaan Bahan Baku Guna Meningkatkan Efisiensi Biaya Pada PT. Toyota Tsusho Indonesia

Sukarni, Tri Bhakti (2009) Pengendalian Persediaan Bahan Baku Guna Meningkatkan Efisiensi Biaya Pada PT. Toyota Tsusho Indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan, baik itu perusahaan jasa, perusahaan manufaktur maupun perusahaan trading selalu memerlukan persediaan. Tanpa adanya persediaan, perusahaan dihadapkan pada resiko bahwa perusahaan suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan para konsumen. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan pengendalian persediaan bahan baku yang baik agar biaya yang timbul dapat dicapai secara efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah meminimalkan biaya pengadaan untuk menghemat total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam melakukan pengendalian persediaan bahan baku. Untuk mendukung hal itu maka peneliti mencari metode yang tepat untuk menghitung persediaan bahan baku agar persediaan tidak sampai kelebihan maupun kekurangan. Metode yang tepat adalah menggunakan Economic Order Quantity (EOQ) untuk menghitung jumlah pemesanan bahan baku yang ekonomis, yang didukung dengan perhitungan persediaan pengaman dan titik pemesanan kembali sehingga biaya yang timbul dalam aktivitas dapat lebih efisien. Kata kunci : Economic Order Quantity (EOQ), persediaan pengaman, titik pemesanan kembali, dan efisiensi biaya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 105
Call Number: SE/MJ/10/015
NIM/NIDN Creators: 43105110139
Uncontrolled Keywords: Economic Order Quantity (EOQ), persediaan pengaman, titik pemesanan kembali, dan efisiensi biaya.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Jan 2010 15:00
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25640

Actions (login required)

View Item View Item