Strategi Komunikasi YPCM Dalam Memberikan Training Celestial Management Kepada Karyawan Di PT. Bank Muamalat Indonesia, TBK (BMI) (Periode Tanggal 15-17 Mei 2009)

, Rici (2009) Strategi Komunikasi YPCM Dalam Memberikan Training Celestial Management Kepada Karyawan Di PT. Bank Muamalat Indonesia, TBK (BMI) (Periode Tanggal 15-17 Mei 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Rici Trisnadila (04203-114) Strategi Komunikasi YPCM Dalam Memberikan Training Celestial Management Kepada Karyawan di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk (BMI) (Periode Tanggal 15-17 Mei 2009) xv + 110 halaman : 10 lampiran Bibliografi : 31 Buku (1996-2007) Perkembangan bisnis perbankan syariah di Indonesia yang sangat cepat belum diiringi oleh kualitas sumber daya insani (SDI) yang mendukungnya. SDI kurang dibekali pemahaman atas prinsip-prinsip operasionalisasi perbankan syariah secara memadai. Untuk mengatasi kesenjangan kualitas SDI tersebut, BMI menerapkan beberapa kebijakan dan program pengembangan SDI salah satunya dengan memberikan Training Celestial Management kepada karyawan melalui sebuah Yayasan Pengembangan Celestial Managemen (YPCM). Pada dasarnya, training tersebut bertujuan untuk mentrasfer nilai-nilai yang dipakai oleh BMI menjadi suatu budaya kerja atau budaya perusahaan BMI kepada seluruh karyawan. Untuk melaksanakan program training celestial management tersebut, sebaiknya YPCM harus mengelola strategi komunikasinya dengan baik. Adapun strategi komunikasi itu sendiri dikemukakan oleh Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom, yakni 7’C yang meliputi : Credibility, Context, Content, Clarity, Continuity and Consistency, Channels, dan Capability of Audience. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Penulis mengacu pada teori Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom. Untuk analisa datanya, penulis menggunakan teknik analisa kualitatif, teknik penggumpulan datanya wawancara mendalam (indepth interview) dan observasi partisipan. Sedangkan pembanding keabsahan data penulis menggunakan pembanding yang berasal dari sumber. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan menganalisa data primer dan sekunder, dapat diketahui bahwa strategi komunikasi 7’C menurut Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom telah dijalankan oleh YPCM dalam memberikan training celestial management kepada karyawan BMI, namun dari semua strategi komunikasi 7’C tersebut terdapat satu strategi yang kurang diperhatikan oleh YPCM dalam memberikan training tersebut yaitu Capability of Audience, dalam hal ini kemampuan atau kesanggupan peserta secara fisik dalam menjalankan training celestial management tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 126
Call Number: SK/42/10/009
NIM/NIDN Creators: 04203-114
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, bank
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2010 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item View Item