Strategi Produksi Program "Berbincang Jalan" Untuk Menjadi Tayangan Yang Menarik Di ASTRO Awani (Periode Februari-April 2008)

Huda, Sabil (2009) Strategi Produksi Program "Berbincang Jalan" Untuk Menjadi Tayangan Yang Menarik Di ASTRO Awani (Periode Februari-April 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Pesatnya perkembangan industri media di Indonesia membuat banyaknya bermunculan media-media baru terutama media televisi. Selain televisi swasta, lahir pula TV berlangganan atau yang lebih dikenal dengan TV berbayar. Selain Indovision, sejak 15 Juni 2006 TV berlangganan Astro Awani mulai mengudara di Indonesia. Sebagai channel berita, Astro Awani menyajikan ragam informasi lokal dan internasional. Selain buletin berita, hiburan, dan dokumenter Astro Awani juga menampilkan acara talk show. Program talk show andalan Astro Awani adalah Berbincang Jalan yang dipandu oleh Riza Primadi. Acara ini cukup sukses selama masa penayangannya. Oleh karena itu, skripsi ini akan membahas bagaimana strategi produksi program Berbincang Jalan untuk menjadi tayangan yang menarik di Astro dalam satu musim (Periode: Februari hingga April 2008). Skripsi ini akan membahas strategi produksi yang digunakan tim produksi Berbincang Jalan berdasarkan teori Fred Wibowo mengenai strategi produksi program televisi. Menurut Wibowo, program talk show memerlukan persiapan-persiapan yang cukup banyak. Tanpa persiapan yang sungguh-sungguh program ini hanya menjadi program yang membosankan dan ditinggalkan para penonton. Jika program ini disajikan dengan baik, penonton memperoleh sesuatu yang sungguh-sungguh berguna, bermakna dan bukan sekedar program untuk membuang waktu luang. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah berfokus pada planning, organizing, actuating dan controlling atau POAC Astro Awani terhadap program talk show Berbincang Jalan. Skripsi ini akan membahas bagaimana tim produksi Berbincang Jalan menerapkan POAC dalam proses produksi dari awal hingga akhir. Melalui penelitian langsung di lapangan dan hasil wawancara, maka dapat diperoleh hasil bahwa suatu program bermutu dapat tercipta dari hasil kerja sama tim yang kompak, kerja keras, riset yang mendalam dan kreatifitas tinggi. Untuk dapat tercapai itu semua, masing-masing unit dalam sebuah organisasi harus saling memberikan kontribusi maksimal. Oleh sebab itu, perencanaan, pembagian tugas, pelaksanaan tugas dan pengawasan harus diterapkan dalam sebuah tim produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 056
Call Number: SK/41/10/010
NIM/NIDN Creators: 44106110023
Uncontrolled Keywords: Strategi Produksi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2010 11:23
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25523

Actions (login required)

View Item View Item