Simulasi Indentifikasi Plat Nomor Kendaraan Berbasis Pengolahan Citra Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Adaptive resonance Teory 2 (ART 2)

Kristanto, Mohamad (2009) Simulasi Indentifikasi Plat Nomor Kendaraan Berbasis Pengolahan Citra Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Adaptive resonance Teory 2 (ART 2). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41506110055 Mohamad Kristanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Plat nomor kendaraan adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan. Identitas tersebut dapat membedakan antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Pencatatan plat nomor ini sangat diperlukan dalam sistem parkir dan sistem tol, tetapi masih dilakukan secara manual. Untuk memudahkan pengguna maka akan dibuat simulasi identifikasi pengenalan plat nomor dengan pengolahan citra. Pengenalan dilakukan pada citra digital yang berupa image dari plat nomor kemudian dikonversi ke dalam bentuk karakter/teks. Pada tugas akhir ini dalam pengidentifikasiannya menggunakan pendekatan jaringan saraf tiruan ART-2, yaitu model yang memiliki kemampuan menerima informasi baru tanpa melupakan informasi yang lama. Sebelum melakukan pengidentifikasian, terlebih dulu melakukan pengenalan pola untuk setiap plat nomor yang telah di-capture. Dalam identifikasi ini dilakukan beberapa kegiatan antara lain: memasukkan input citra plat nomor kendaraan dalam bentuk .bmp (bitmap). Kemudian citra tersebut dilakukan penghilangan noise, binearisasi citra, segmentasi, stretching, thinning, dan ekstraksi ciri dari masing-masing inputan. Output pengujian ini adalah karakter plat nomor. Kata kunci:Pengolahan citra, Jaringan Syaraf Tiruan ART2, Plat Nomor

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 09 152
Call Number: SIK/15/10/006
NIM/NIDN Creators: 41506110055
Uncontrolled Keywords: Pengolahan citra, Jaringan Syaraf Tiruan ART2, Plat Nomor
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Jan 2010 11:33
Last Modified: 06 Jun 2022 08:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25506

Actions (login required)

View Item View Item