Analisis Pengumuman Dividen Terhadap Perubahan Harga Saham (Return) Sebelum Dan Sesudah Ex-Dividen Date Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Marinah, (2009) Analisis Pengumuman Dividen Terhadap Perubahan Harga Saham (Return) Sebelum Dan Sesudah Ex-Dividen Date Di Bursa Efek Indonesia (BEI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan return saham (AR) sebelum dan sesudah ex-dividend date di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2006-2007. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Sedangkan populasi penelitian ini meliputi 139 perusahaan industri. Pengambilan sampel berjumlah 29 perusahaan dari 3 bidang industri yang berbeda dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study yang akan mengamati pergerakan return saham di pasar modal. Periode pengamatan adalah selama 15 hari sebelum dan 15 hari sesudah exdividend date. Untuk menguji adanya reaksi harga dilakukan tes abnormal return selama periode peristiwa. Data-data ini akan berpasangan antara AARsebelum dan AARsesudah, dan kemudian dilakukan dengan pengujian normalitas, lalu dilanjutkan dengan uji Paired Sample T-test, untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan return saham sebelum dan sesudah ex-dividend date di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil dari penelitian yang dilakukan secara berpasangan antara AAR sebelum dan AAR sesudah diperoleh nilai t hitung < t tabel (0.826 < 2.002) dan P value maka H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan return saham (abnormal return) sebelum dan sesudah ex-dividend date. (0,412 > 0,05) Kata kunci : ex-dividend date, return.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 279
Call Number: SE/AK/10/019
NIM/NIDN Creators: 43205010179
Uncontrolled Keywords: ex-dividend date, return.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Jan 2010 16:01
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25468

Actions (login required)

View Item View Item