Studi daya dukung pondasi tiang pancang hydrolik (Studi kasus proyek astra honda motor new building Lt 6) Sunter Jakarta

Yulianto, (2009) Studi daya dukung pondasi tiang pancang hydrolik (Studi kasus proyek astra honda motor new building Lt 6) Sunter Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
4110411-034 Yulianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK STUDI DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG HYDROLIK (Studi kasus proyek AHM new building 6 lt, Sunter-Jakarta) Oleh : Yulianto NIM : 4110411-034 Pembimbing : Ir Desiana Vidayanti. MT Tahun 2009 Proses analisis terhadap kondisi existing pondasi, dimaksud untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis dan mendesain ulang dengan dimensi tiang yang lebih besar dari dimensi existing serta dengan system pemancangan yang berbeda, berdasarkan pada datah tanah yang ada (uji laboratorium dan data N-SPT) dengan menggunakan metode perhitungan daya dukung yang sesuai dengan kondisi tanah tempat bertumpunya pondasi. Dari hasil perhitungan daya dukung pondasi, maka dapat dianalisis bahwa pondasi existing dengan dimensi tiang 0.25 x 0.25, L 14 m yang berjumlah 84 tiang dan dengan dimensi tiang 0.35 x 0.35, L 14 m yang berjumlah 40 tiang, keduanya aman terhadap beban rencana dan penurunan yang terjadi relative sangat kecil terhadap penurunan yang diizinkan, hasil ini menunjukan bahwa pada perencanaan pondasi untuk proyek gedung parkir Astra Honda Motor Sunter ini sesuai dengan yang disyaratkan. Hasil perhitungan biaya didapat bahwa pemakaian tiang pancang tekan hydrolik jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan tiang pancang konvensional (penumbuk), akan tetapi kelebihan dari tiang pancang tekan hydrolik adalah lebih cepat pelaksanaannya dan lebih akurat penetrasinya bila dibandingkan dengan tiang pancang konvensional. Keyword : Pondasi tiang tekan hydrolik dan tiang pancang konvensional, Daya dukung Pondasi Penurunan pondasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTSP/SIP. 09 015
Call Number: STSP/09/108
NIM/NIDN Creators: 4110411-034
Uncontrolled Keywords: Pondasi tiang tekan hydrolik dan tiang pancang konvensional, Daya dukung Pondasi Penurunan pondasi.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Dec 2009 14:12
Last Modified: 23 Sep 2022 02:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item View Item