Pengembangan perangkat lunak pengolahan tera, tera ulang dan kalibrasi berbasis client - server

Nugroho, Prasetyo Agung (2009) Pengembangan perangkat lunak pengolahan tera, tera ulang dan kalibrasi berbasis client - server. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI)
41505120005 Prasetyo Agung Nugroho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Balai Metrologi wilayah Surakarta merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis dari Departemen Perdagangan, yang memiliki 4 tugas pokok, yang salah satunya adalah melakukan tera dan tera ulang terhadap alat-alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) serta kalibrasi alat ukur. Untuk membantu dalam menjalankan salah satu tugas pokok tersebut maka penulis mengembangkan sebuah perangkat lunak yang mampu membantu proses peneraan, kalibrasi dan juga inventarisir alat-alat UTTP. Pengembangan perangkat lunak tersebut menggunakan metode Rational Unified Process (RUP), dengan bahasa permodelan Unified Modeling Language (UML). Pada tahap implementasi penulis menggunakan perangkat pemrograman berbasis web, PHP versi 5.1.2 serta menggunakan mesin basis data MySQL versi 5.0.18. Pengujian terhadap perangkat lunak dilakukan dengan metode blackbox testing. Produk dari pengembangan tersebut adalah sebuah perangkat lunak berbasis web, yang memiliki media penyimpanan terpusat di dalam sebuah database server sehingga integritas data lebih terjamin. Dengan pembagian tipe pemakai perangkat lunak berdasarkan divisi atau seksi, maka perangkat lunak ini terbagi secara fungsional sesuai dengan divisi atau seksi di Balai Metrologi, dengan kata lain perangkat lunak terdiri dari sub-sub perangkat lunak yang saling bergantung satu sama lain, hal ini bertujuan agar proses yang terjadi terjaga keberurutannya. Perangkat lunak yang dihasilkan mampu membantu peneraan dan kalibrasi dalam hal pendaftaran, penghitungan uang tera dan kalibrasi, penyimpanan data tera, tera ulang dan vi kalibrasi serta rekapitulasi tera, tera ulang dan kalibrasi. Perangkat lunak juga menangani inventarisir untuk daftar alat-alat UTTP beserta pengaturan tarif. Kata Kunci : Balai Metrologi, Departemen Perdagangan, Rational Unified Process (RUP), Unified Modeling Language (UML), PHP versi 5.1.2, MySQL versi 5.0.18, black box testing, database server, tera, tera ulang, kalibrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 09 128
Call Number: SIK/09/233
NIM/NIDN Creators: 41505120005
Uncontrolled Keywords: Balai Metrologi, Departemen Perdagangan, Rational Unified Process (RUP), Unified Modeling Language (
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2009 10:10
Last Modified: 06 Jun 2022 03:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25336

Actions (login required)

View Item View Item