Penelitian ttg pengaruh temperatur nitrocarburizing (550o C - 700o C) thd perubahan sifat kekerasan dan struktur mikro pd material zircaloy-4"

Susanto, (2009) Penelitian ttg pengaruh temperatur nitrocarburizing (550o C - 700o C) thd perubahan sifat kekerasan dan struktur mikro pd material zircaloy-4". S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
01303-033 Susanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Proses Nitrocarburizing adalah perlakuan termokimia yang melibatkan penambahan unsur nitrogen dan karbon dengan cara difusi. Biasanya terhadap permukaan material ferrous, pada suatu temperatur tertentu dimana telah terbentuk phase ferrite secara lengkap. Oleh karena itu tujuan dari proses Nitrocarburizing pada Zircaloy-4 (Zr-4) adalah untuk memasukan unsur nitrogen dan carbon kedalam permukaan Zircaloy-4 (Zr-4). Waktu untuk menjalani proses ini biasanya kurang dari 3 jam. Tujuan utama dari perlakuan ini biasanya untuk meningkatkan karakteristik anti gores dari komponen-komponen tehnik, dengan cara menambahkan suatu persenyawaan pada permukaannya, sehingga permukaan itu memiliki sifat ketahanan keausan/ketahanan gesekan. Kita dapat melihat perbedaan antara dua proses yang berbeda tetapi memiliki nama yang serupa yaitu Nitrocarburizing dan Carbonitriding. Carbonitriding terjadi pada tempratur diatas 760 oC (1400 oF). Sedangkan Nitrocarburizing terjadi pada tempratur dibawah 675 oC (1250 oC). Nitrocarburizing dilakukan pada banyak komponen-komponen tehnik, seperti textile machinery gears, pump cylinder blocks, nozzles, dan lain-lain dimana diperlukan sifat tahan aus. Sedangkan crank-shafts dilakukan proses Nitrocarburizing untuk meningkatkan sifat anti kelelahan. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh data sebagai berikut carbon 3,2 %, oksigen 6,3 %, phosphor 5,5% dan zirconium 85 % Dari hasil uji kekerasan dapat diketahui bahwa semakin tinggi suhu pemanasan nitrocarburizing maka nilai kekerasannya (HV) semakin kecil/ semakin rendah. Hasil pengukuran dan pengamatan struktur mikro dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi suhu pemanasan nitrocarburizing maka semakin dalam nitrogen dan carbon yang terdifusi pada zirconium, begitu juga sebaliknya.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di laboratorium, ternyata proses nitrocarburizing tidak dapat meningkatkan daya tahan pada material zirconium.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 09 021
Call Number: STI/09/532
NIM/NIDN Creators: 01303-033
Uncontrolled Keywords: temperatur nitrocarburizing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Dec 2009 10:52
Last Modified: 14 Jul 2022 04:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25296

Actions (login required)

View Item View Item