Perancangan kekuatan material rangka pd mesin pengangkat dgn tenaga tangan (handlift)

Wahyudi, Dwi (2009) Perancangan kekuatan material rangka pd mesin pengangkat dgn tenaga tangan (handlift). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
4130401-004 Dwi Wahyudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)

Abstract

ABSTRAK Dengan perkembangan industri yang semakin pesat menuntut kita untuk terus mengembangkan ide - ide tentang bagaimana peralatan sederhana dengan sistem yang serba praktis menjadi peralatan dengan sistem yang kompleks dan otomatis dapat mendukung proses kerja. Pada saat sekarang ini, dimana biaya pergudangan dan pengangkutan semakin mahal pula, maka untuk itu haruslah seefisien mungkin yaitu dengan cara menempatkan barang didalam gudang dengan sebaik - baiknya dan handlift merupakan alat yang tepat untuk menangani hal tersebut. Didalam perancangn handlift ini, efisiensi dan kemudahan adalah konsep utama yang akan diaplikasikan kedalam suatu bentuk rancang bangun handlift. Perancangan handlift ini menggunakan sistem katrol untuk mengangkat barang sedangkan untuk sistem penggeraknya menggunakan motor listrik. Konsep perancangan handlift ini menekankan kemudahan untuk memindahkan barang dari satu tempat ketempat lain. Berdasarkan dari kekuatan rangka pada (handlift), didapat hasil perhitungan dengan diagram benda bebas (DBB) dan teganganregangan. Kata kunci : Perencanaan dan Perancangan alat, Perhitungan benda bebas (DBB), dan Perhitungan kekuatan rangka (Handlift ).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 09 045
Call Number: STI/09/474
NIM/NIDN Creators: 4130401-004
Uncontrolled Keywords: kekuatan material rangka, Perencanaan dan Perancangan alat, Perhitungan benda bebas (DBB), dan Perhi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Nov 2009 15:54
Last Modified: 18 Jul 2022 04:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25242

Actions (login required)

View Item View Item