Representasi tubuh perempuan dlm iklan di televisi (analisis semiotika roland barthes pd iklan vaseline versi dewi sandra dan andien amazing skin, amazing you)

, Hesty (2009) Representasi tubuh perempuan dlm iklan di televisi (analisis semiotika roland barthes pd iklan vaseline versi dewi sandra dan andien amazing skin, amazing you). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI HESTY PANGASTUTI (4430401-055) REPRESENTASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Batrhes Pada Iklan Vaseline Versi Dewi Sandra dan Andien ” Amazing Skin, Amazing You”) 84 Halaman + vii halaman Bibilografi : 25 acuan (1982-2008) Iklan yang menggunakan tanda berangkat dari realitas sosial, hal yang paling umum adalah dengan menggunakan perempuan sebagai tanda dalam iklan, yang memanipulasi tubuh perempuan sebagai tanda dari simbol-simbol tertentu yang secara stereotipe melekat pada dirinya. Representasi tubuh perempuan dalam iklan produk kecantikan memang kerap dikaitkan dengan stereotip ketubuhan perempuan. Dan akhirnya memunculkan keingintahuan tentang makna yang terbentuk dari tandatanda yang digunakan dalam iklan Vaseline versi Dewi Sandra dan Andien ”Amazing skin, Amazing you” di televisi. Penelitian ini akan dikaji berangkat dari unsur tanda yang dibawa Saussure yakni penanda dan petanda. Dan melalui analisis semiotika/semiologi signifikasi Roland Barthes yang merupakan Saussurean, yakni pemaknaan tanda melalui dua tahapan, di mana tanda yang terdiri atas penanda (signifier) dan petanda (signified) pada tahap pertama menjadi penanda pada tahap kedua yang mempunyai penanda lain (mengalami perluasan makna). Analisis semiotika dan metodologi penelitian yang digunakan bersifat kualitatif. Representasi yang mengacu pada konteks penggambaran penampilan fisik (appearance) dan juga makna dibalik tampilan fisik tersebut, yang terdapat dalam iklan di televisi Vaseline versi Dewi Sandra dan Andien ”Amazing Skin, Amazing You” dan tubuh perempuan dalam penelitian ini lebih mengarah pada salah satu stereotip yang lekat dengan dirinya yaitu stereotip ketubuhan perempuan. Yang nantinya akan dianalisis unsur terkecil (signeme) dari tanda-tanda tersebut meliputi pesan verbal dan nonverbal berdasarkan (1) pesan linguistik (2) pesan ikonik yang tak terkodekan (3) pesan ikonik tak terkodekan. Setelah dianalisis menemukan tanda-tanda yang menggambarkan sesuatu yang bersifat perempuan sekali ditandai dengan ekspresi dan atribut lainnya. Iklan Vaseline mengandung makna mengenai tanda-tanda representasi tubuh perempuan ke arah pendisiplinan tubuh, masalah sosial seperti representasi tubuh perempuan dalam iklan tetaplah terkait dengan konstruksi budaya yang ada dalam sistem masyarakat patriarkis, dimana salah satunya adalah adanya penghargaan atas perempuan berdasarkan fisiknya semata.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 049
Call Number: SK/09/632
NIM/NIDN Creators: 4430401-055
Uncontrolled Keywords: iklan - analisis semiotika
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Nov 2009 11:29
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25158

Actions (login required)

View Item View Item