Strategi komunikasi pemasaran koran tempo dlm memasarkan ruang iklan (Studi kasus tempo gading periode November 2008 - Januari 2009)

Handiyatno, Tri (2009) Strategi komunikasi pemasaran koran tempo dlm memasarkan ruang iklan (Studi kasus tempo gading periode November 2008 - Januari 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Pengiklan merupakan jantung dalam mempertahankan eksistensi pada suatu media massa. Salah satu media massa adalah Koran Tempo, dimana ruang iklan menjadi sarana bagi Koran Tempo untuk memperoleh pemasukan dan keuntungan yang sebesar-besarnya yang bertujuan untuk mendukung dari sirkulasi. Maka setiap Surat kabar harus mempunyai strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam mempromosikan atau dalam menjual ruang iklan, dimana nantinya strategi komunikasi pemasaran yang telah ditetapkan oleh suatu Surat Kabar, bertujuan untuk mengatasi para pesaingnya dalam mempromosikan ruang iklan. Penulis memilih Koran Tempo sebagai objek penelitian karena Surat Kabar Koran Tempo merupakan surat kabar yang memiliki format lebih kecil yang tetap eksis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Surat Koran Tempo dalam mempromosikan Ruang Iklan, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau menggambarkan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Koran Tempo dalam mempromosikan Ruang Iklan. Dalam penelitian ini penulis mengacu kepada A System of Marketing Communication dari Chris Fill yang menggambarkan tentang kerangka kerja dalam Komunikasi Pemasaran yang antara lain meliputi; Analisa SWOT, Promotion Objective, Positioning, Communication Budget, dan Research and Evaluation. Dalam sistem tersebut juga dijelaskan pula alat – alat komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan tatap muka, humas dan publisitas serta direct respons media. Sifat penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, teknik pengumpulan data dengan indepth interview. Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Koran Tempo dalam mempromosikan ruang iklan dengan melakukan pendekatan – pendekatan langsung atau relationship kepada klien pengiklan atau dapat dikatakan bahwa strategi yang digunakan oleh Koran Tempo dalam mempromosikan ruang iklan adalah melalui penjualan langsung secara tatap muka yaitu dengan menggunakan alat komunikasi pemasaran berupa Direct Selling.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 017
Call Number: SK/09/626
NIM/NIDN Creators: 04302-046
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Nov 2009 09:15
Last Modified: 05 Jun 2017 05:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25153

Actions (login required)

View Item View Item