Strategi departemen produksi rcti dlm program indonesian idol musim 5 episode 15

Sutan, Lanang Tantritiarawan (2009) Strategi departemen produksi rcti dlm program indonesian idol musim 5 episode 15. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi memiliki peranan penting didalam sebuah dunia penyiaran, karena televisi mampu mempengaruhi persepsi penonton atau khalayak yang menyaksikan semua informasi dan hiburan yang diberikan. Stasiun televisi sebagai media penyiaran, harus mampu memberikan dan menyajikan sebuah tayangan yang menarik, menghibur, informative dan edukatif bagi pemirsanya. Begitu banyak program acara yang bermunculan di stasiun televisi nasional maupun stasiun televisi lokal, jenis dari program acara yang disajikan juga beraneka ragam. Salah satu jenisnya adalah variety dan reality show, yang begitu larisnya sehingga menarik banyak jumlah audience sehingga bisa mendapatkan rating dan share yang bagus. Strategi dalam memproduksi sebuah program acara sangat diperlukan, supaya setiap program acara yang dihasilkan bisa sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan mendapatkan hasil yang bagus. Strategi di dalam proses produksi adalah sebuah perencanaan untuk mencapai tujuan dari stasiun televisi dan juga untuk mewujudkan visi dan misi dari stasiun televisi, maka dari itu digunakanlah strategi dalam memproduksi suatu program acara yaitu planning, organizing, actuating, controlling. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni memberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris dan objek penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data wawancara mendalam atau depth interview yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Program Indonesian Idol merupakan salah satu program unggulan di RCTI, program ini menyajikan suatu kontes atau ajang bakat dalam hal menyanyi. Format dari Program Indonesian Idol adalah Variety dan Reality Show, dimana sisi kehidupan dari 12 finalist diungkapkan ke khalayak umum sehingga penonton dirumah mengetahui mulai kegiatan sehari-hari sampai kehidupan masa lalu dari 12 finalist yang telah dikarantina. Dan setiap hari jumat akan diadakan babak spektakuler untuk menentukan siapa yang bertahan dan siapa yang harus pulang, itu semua ditentukan oleh pooling sms dari pemirsa dirumah. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap program Indonesian Idol, didapat bahwa strategi yang digunakan oleh Departemen Produksi sudah cukup bagus. Itu semua bisa dilihat dari program Indonesian Idol mendapatkan rating

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 157
Call Number: SK/09/611
NIM/NIDN Creators: 44106120013
Uncontrolled Keywords: departemen produksi rcti, program, idol
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Nov 2009 09:37
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item View Item