Representasi nilai kebersamaan sbg bagian dari budaya jawa dlm iklan (Kajian semiotik thd iklan harian kedaulatan rakyat di majalah cakram komunikasi tahun 2007)

Harmoko, Antonius (2009) Representasi nilai kebersamaan sbg bagian dari budaya jawa dlm iklan (Kajian semiotik thd iklan harian kedaulatan rakyat di majalah cakram komunikasi tahun 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK ANTONIUS HARMOKO 44305110001 REPRESENTASI NILAI KEBERSAMAAN SEBAGAI BAGIAN DARI BUDAYA JAWA DALAM IKLAN (Kajian Semiotik terhadap Iklan Harian Kedaulatan Rakyat di Majalah Cakram Komunikasi Tahun 2007) xiii halaman + 87 halaman Bibliografi : 21 buku (1974-2008); 9 artikel majalah, 6 artikel web site Pesan dalam sebuah iklan merupakan faktor utama yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah proses komunikasi komersial ataupun sosial yang disampaikan ke benak permirsa. Salah satunya adalah harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta yang mengemas iklan cetak mereka melalui pendekatan yang mengangkat simbol-simbol budaya Jawa dan bercerita mengenai nilai kebersamaan yang dianut oleh masyarakatnya. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat representasi nilai budaya Jawa yang terdapat dalam eksekusi iklan cetak dengan meneliti tanda-tanda yang terdapat pada iklan, sekaligus untuk memahami makna dari tanda-tanda tersebut. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Semiotika Signifikasi yang didasari oleh pemikiran dari Ferdinand de Saussure dimana akan dilihat ke dalam tiga area penting dalam kajian akan tanda; yaitu tanda itu sendiri, sistem dimana tanda itu tersusun, dan kebudayaan di mana tanda itu beroperasi. Relasi pertandaan ini didasarkan kepada bidang penanda (signifier) untuk menjelaskan ’bentuk’ atau ’ekspresi’; dan bidang petanda (signified) untuk menjelaskan ’konsep’ atau ’makna’. Sedangkan data-data yang terdapat dalam iklan cetak harian Kedaulatan Rakyat diolah secara kualitatif untuk kemudian coba dianalisa menggunakan metode analisis sintagmantik dan paradigmatik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian. Penelitian deskriptif juga tidak perlu mencari atau menerangkan saling hubungan, menguji coba hipotesa, membuat ramalan, atau mendapatkan makna atau simplikasi, walaupun penelitian yang bertujuan untuk menemukan hal-hal tersebut dapat mencakup juga metode-metode deskriptif. Dari definisi di atas, maka tipe penelitian deskriptif dalam penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan makna dalam struktur teks iklan majalah harian Kedaulatan Rakyat dilihat dari setiap aspek konsep tanda yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai budaya Jawa direpresentasikan dalam semua aspek tanda yang terdapat dalam iklan baik pada headline, ilustrasi, maupun teks dari iklan, dimana pemaknaan yang terbentuk dari susunan tanda tersebut menghasilkan sebuah bentuk representasi nilai-nilai kebersamaan dalam budaya Jawa yang dijadikan sebagai pesan utama dari iklan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 062
Call Number: SK/09/586
NIM/NIDN Creators: 44305110001
Uncontrolled Keywords: semiotik thd iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Nov 2009 11:11
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25113

Actions (login required)

View Item View Item