Strategi PT Media Nusantara Informasi dlm mempromosikan harian Sindo periode 2007

Sofyan, Muhammad Firdaus (2009) Strategi PT Media Nusantara Informasi dlm mempromosikan harian Sindo periode 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Dewasa ini persaingan dunia usaha khususnya dalam memasarkan produk semakin berkembang pesat dan ketat. Produsen berusaha memasarkan produknya dengan berbagai cara agar konsumen membeli atau menggunakannya. Salah satu cara yang ditempuh produsen untuk memasarkan produknya adalah dengan melakukan promosi diberbagai media, baik media elektronik maupun media cetak. Hal ini juga yang menyebabkan terjadinya persaingan diantara berbagai media semakin ketat. Begitu pula dengan PT Media Nusantara Informasi yang merupakan suatu anak perusahaan yang bergerak dibidang media cetak yang juga membutuhkan strategi bauran promosi yang tepat dan efektif untuk mengatasi persaingan tersebut, sehingga diharapkan PT Media Nusantara Informasi mampu bersaing dengan para kompetitor yang ada, oleh karena itu maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh PT Media Nusantara Informasi dalam Mempromosikan Harian SINDO periode 2007. Teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori dari Philip Kotler, dalam bukunya Manajemen Pemasaran. Dimana dalam buku tersebut digambarkan bahwa suatu strategi pada bauran promosi mencakup empat element utama yang terdiri dari Iklan (advertising), personal selling (penjualan peseorangan), promosi penjualan (sales Promotion) dan publisitas (humas). Kombinasi alat-alat promosi tersebut sangat saling terkait satu sama lain untuk tercapainya program penjualan. Penelitian ini besifat deskriptif yang hanya mengumpulkan informasi dan memaparkan mengenai strategi promosi yang digunakan PT MNI dalam mempromosikan harian SINDO. Pengumpulan data yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber yang berkompeten yang berada di lingkungan PT MNI. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT MNI melakukan strategi promosi mencakup aspek-aspek yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian komunikasi persuasif dan lebih menentukan proporsi elemen promotion mix yaitu pada periklanan, dan personal selling didalam mendapatkan klien pemasang iklan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan oleh PT MNI yaitu dengan menggunakan push strategy dengan melalui periklanan dan personal selling, akan tetapi strategi promosi yang paling diandalkan oleh PT MNI yaitu melakukan pendekatan-pendekatan kepada konsumen dengan menggunakan personal selling.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 053
Call Number: SK/09/578
NIM/NIDN Creators: 04303-098
Uncontrolled Keywords: Strategi - promosi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Nov 2009 10:30
Last Modified: 05 Jun 2017 05:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25105

Actions (login required)

View Item View Item